Situs Netizen No.1 di Indonesia
Berita  

Wabah Cacar Monyet Meledak, 219 Orang di Dunia Terjangkit

Jakarta, CNBC Indonesia – Kasus monkeypox atau cacar monyet telah menghantui di beberapa negara. Hingga saat ini, virus itu telah menginfeksi sebanyak 219 orang di dunia, di luar negara endemik.

Hal tersebut disampaikan dalam catatan teranyar mengenai perkembangan kasus cacar monyet oleh Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC) pada Rabu (25/5).

“Ini adalah pertama kalinya rantai penularan dilaporkan di Eropa tanpa hubungan epidemiologis dari Afrika Barat atau Tengah, di mana penyakit ini [cacar monyet] menjadi endemik,” tulis catatan tersebut, melansir AFP.


Disampaikan juga bahwa sebagian besar kasus terjadi pada pria muda.

Inggris menjadi tempat kemunculan cacar monyet yang tidak biasa ini pertama kalinya. Kasus pertama terdeteksi pada awal Mei lalu pada seorang pasien yang baru saja bepergian ke Nigeria.

Hingga saat ini, Inggris mencatat sebanyak 71 kasus cacar monyet. Diikuti oleh Spanyol dengan 51 kasus dan Portugal sebanyak 37 kasus.

Di luar Eropa, Kanada mencatat sebanyak 15 kasus dan 9 kasus di Amerika Serikat. Jumlah total kasus yang dilaporkan pada Rabu (25/5) telah meningkat lima kali lipa sejak perhitungan pertama pada 20 Mei lalu.

“Gejala klinis umumnya digambarkan ringan,” tulis catatan tersebut. Hingga saat ini, tak ada kasus kematian akibat cacar monyet yang tercatat.

Cacar monyet sendiri merupakan infeksi virus Monkeypox yang langka. Penyakit ini menimbulkan gejala serupa flu, yang disertai juga dengan ruam dan luka pada kulit.

Pada antar-manusia, penyakit ini disebut menular melalui kontak dekat.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Penampakan Cacar Monyet yang Kini Disorot WHO


(pgr/pgr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.