Situs Netizen No.1 di Indonesia

Telanjur Minum Air Mentah, Apa yang Mesti Dilakukan?

Terburu-buru memulai aktivitas harian akibat kesiangan bangun terkadang bisa bikin Anda melakukan hal yang ceroboh. Misalnya, tersandung kaki meja hingga tak sengaja minum air mentah sampai habis dari botol. 

Entah siapa yang mengisi botol minum dengan air mentah dan meletakkannya di meja, tapi yang jelas, Anda jadi takut terkena infeksi yang bisa bikin sakit perut. 

Dalam kondisi itu, adakah hal-hal yang bisa dilakukan agar Anda tak terkena infeksi bakteri?

Artikel lainnya: Kenali Ciri-Ciri Air Minum yang Layak Konsumsi

Kenali Mikroorganisme Berbahaya dalam Air Mentah

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengatakan bahwa paling tidak ada 128.000 orang di Amerika Serikat yang pernah dirawat di rumah sakit usai mengonsumsi air mentah. Sementara itu, 3.000 orang lainnya meninggal dunia akibat minum air mentah. 

Minum air yang tidak diolah atau tidak jelas kebersihannya, seperti air mentah, dapat berbahaya bagi tubuh karena masih mengandung parasit dan juga bakteri. 

Berikut ini berbagai mikroorganisme yang dapat ditemukan dalam air mentah: 

Bakteri E. coli dapat ditemukan pada tanah, tanaman, dan sistem pencernaan baik pada manusia maupun hewan. E.coli bisa menyebabkan gangguan pencernaan, seperti diare, mual, muntah, dan nyeri perut. Gejala seperti ini membutuhkan obat antibiotik. 

Ada beberapa faktor yang dapat membuat seseorang rentan terkena penyakit yang disebabkan bakteri E. coli, seperti usia dan sistem imun yang lemah.

Artikel lainnya: Mengenal Jenis-jenis Air Minum Kemasan

  • Giardia lamblia

Giardia lamblia adalah parasit yang dapat menyebabkan infeksi giardiasis. Gejala yang dapat terjadi, misalnya muntah, nyeri perut, perut kembung, dan diare. Masa inkubasi dari terpapar sampai terjadi gejala, yaitu sekitar dua minggu. 

Selain dari minum air mentah, Anda bisa terkena giardiasis setelah mengonsumsi makanan yang terkontaminasi. Infeksi ini sering terjadi di area yang padat dengan sanitasi serta kualitas air yang buruk. 

  • Salmonella

Salmonella adalah bakteri penyebab penyakit tifus. Salmonella dapat mengontaminasi air dan makanan, dan menyebabkan gejala sekitar tiga hari sejak terpapar. 

Apalagi jika daya tahan tubuh sedang lemah, misalnya aktivitas terlalu berlebih, nutrisi kurang, dan lain-lain. 

Jika tak sengaja minum air mentah, patogen berbahaya dapat menyebabkan gangguan pencernaan, misalnya nyeri perut, muntah, diare, demam, dan lain sebagainya. Intinya, gejalanya mirip dengan gejala keracunan makanan

Bahkan, tak cuma itu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) melarang setiap orang untuk meneguk air mentah. Sebab, air mentah meningkatkan risiko penyakit seperti koleradisentri, demam tifoid, dan polio.

Lakukan Ini Jika Telanjur Minum Air Mentah

Sebelum memutuskan tindakan apa yang mesti dilakukan jika telanjur minum air mentah, perhatikan dulu berapa banyak yang Anda minum. Selain itu, perhatikan pula gejala yang dirasakan.

Apabila air mentah yang Anda minum itu sedikit, misalnya sekali teguk, tentu Anda tak perlu khawatir. 

Namun, jika air mentah yang Anda konsumsi hampir setengah botol atau lebih, perhatikan efek yang dirasakan usai minum air mentah tersebut. 

Artikel lainnya: Pentingnya Air Minum Berkualitas untuk Dukung Hidup Sehat

Apabila merasakan gejala tidak nyaman terutama pada pencernaan, sebaiknya segera berobat ke dokter untuk mencegah infeksi lebih lanjut. 

Jika gejala yang ditimbulkan cenderung parah, dokter umumnya akan melakukan pengosongan lambung dengan metode medis tertentu. Ini dilakukan untuk menguras air berpatogen yang telanjur masuk ke dalam tubuh.

Rebus Air Sampai Matang

Kapok mengonsumsi air mentah alhasil membuat Anda selalu memastikan untuk merebus air minum hingga benar-benar mendidih. 

Ya, merebus air minum yang bersumber dari Perusahaan Air Minum (PAM) dan air tanah memang dapat membunuh bakteri di dalamnya.

Namun, jika sumber air yang Anda dapatkan itu sedari awal sudah tercemar bahan-bahan berbahaya, seperti timbal, pestisida, atau nitrat, merebus air justru akan meningkatkan kadar zat tersebut. 

Jadi, bila sumber air Anda relatif sudah tercemar bahan kimia di atas, akan lebih baik jika Anda menggunakan air mineral kemasan supaya lebih aman.

Minum air mentah memang bisa berbahaya dan memicu beberapa gangguan kesehatan. Karena itu, Anda sangat direkomendasikan untuk selalu meminum air yang sudah diproses terlebih dahulu. 

Jika sudah telanjur minum air mentah, perhatikan gejala-gejala yang timbul. Apabila gejalanya mengganggu, seperti sakit perut atau diare, segera berobat ke dokter sebelum infeksi semakin parah.

Cari tahu informasi kesehatan lainnya yang menarik dengan membaca artikel di aplikasi KlikDokter. Anda juga dapat tanya dokter gratis mengenai masalah kesehatan via Live Chat.

[RS]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.