Media Netizen — Jakarta – Suzuki siap menghadirkan berbagai produk sepeda motor inovatif dalam pameran otomotif Japan Mobility Show (JMS) 2025 yang akan digelar akhir bulan ini di Jepang. Beragam model menarik, mulai dari motor listrik bergaya retro hingga motor sport yang menggunakan bahan bakar etanol, siap diperkenalkan untuk pasar masa depan.
Selain berfokus pada mobil listrik dan kendaraan otonom, Suzuki juga menampilkan sejumlah sepeda motor baru yang menonjolkan perpaduan teknologi mutakhir dan desain klasik. Tema “By Your Side” yang diusung merupakan slogan perusahaan dalam Rencana Manajemen Jangka Menengah Suzuki.
Motor Listrik Retro e-VanVan, Inovasi Berkendara Masa Kini
Salah satu sorotan utama adalah motor listrik bergaya retro Suzuki e-VanVan. Model konsep ini dirancang untuk memenuhi keinginan pelanggan yang ingin merasakan sensasi berkendara sepeda motor klasik namun dengan teknologi listrik terkini.
e-VanVan mengambil inspirasi dari Suzuki VanVan tahun 1970-an dengan sentuhan kreatif dalam warna dan grafis bertema digital yang unik. Suzuki menyebutkan bahwa motor listrik ini setara dengan motor 125 cc, meskipun detail baterai dan tipenya belum diungkapkan.
Dimensi motor ini adalah panjang 1.810 mm, lebar 825 mm, dan tinggi 1.050 mm. “Kami menawarkan cara baru untuk menikmati EV sebagai motor yang asyik,” ujar Suzuki dalam siaran pers resmi.
Motor Sport Naked Neo-Retro GSX-8T dan GSX-8TT
Selain e-VanVan, Suzuki juga memperkenalkan motor sport naked neo-retro GSX-8T dan GSX-8TT yang akan dipasarkan di Jepang. Mengusung mesin 775 cc 4 tak, motor ini menggabungkan desain klasik dan modern dengan fitur kontrol elektronik terkini untuk kenyamanan dan keamanan berkendara.
Dimensi GSX-8T adalah panjang 2.115 mm, lebar 775 mm, dan tinggi 1.105 mm, menempatkannya di kelas menengah yang cocok bagi pengendara yang menginginkan performa dan gaya sekaligus.
Sepeda Listrik Lipat e-PO, Mobilitas Ramah Lingkungan
Suzuki juga memamerkan sepeda listrik lipat e-PO, yang dirancang sebagai solusi mobilitas baru setara dengan sepeda motor 50 cc. Sepeda ini tetap menggunakan pedal, namun mendapat bantuan tenaga listrik untuk memudahkan pengendara dalam mengayuh.
Selain mengayuh, pengguna dapat mengoperasikan sepeda dengan menekan pedal gas. Dengan dimensi panjang 1.531 mm, lebar 550 mm, dan tinggi 990 mm, e-PO memiliki daya 0,25 kW dan baterai yang mampu menempuh jarak lebih dari 30 km.
“Di era netralitas karbon, kami menawarkan sepeda listrik yang ramah lingkungan sekaligus menyenangkan untuk digunakan,” kata Suzuki.
Inovasi Mesin Hidrogen pada Suzuki Burgman
Dalam upaya mencapai netralitas karbon, Suzuki tengah mengembangkan mesin hidrogen. Salah satu prototipenya adalah motor Suzuki Burgman bermesin hidrogen yang menjadi bagian dari strategi multi-pathway perusahaan untuk masa depan yang lebih hijau.
Motor Gixxer SF 250 FFV, Motor Sport Berbahan Bakar Etanol
Suzuki juga menghadirkan motor sport Gixxer SF 250 FFV (Flexible Fuel Vehicle) yang mampu menggunakan bahan bakar campuran bioetanol hingga 85 persen. Modifikasi pada injektor, pompa bahan bakar, dan pengaturan kontrol mesin memungkinkan fleksibilitas bahan bakar ini.
Penggunaan bioetanol sebagai bahan bakar berkontribusi mengurangi emisi CO2 dibandingkan bahan bakar fosil konvensional. Mesin yang digunakan tetap berkapasitas 249 cc, menyesuaikan kebutuhan performa motor sport masa kini.