Situs Netizen No.1 di Indonesia

Seagate Mandalorian SSD, kencang dan stylish

Bagi kalian penggemar waralaba Star Wars, kalian wajib mengoleksi SSD baru dari Seagate yang menampilkan desain Mandalorian di SSD mereka.

Bagi kalian pencinta Star Wars, mengoleksi figura, buku komik, gambar, dan lainnya merupakan sebuah hal yang wajib dilakukan. Soalnya, setiap barang yang dikoleksi memiliki arti tersendiri bagi para penggemarnya.

Saat ini, kegemaran mengoleksi barang-barang seperti ini sudah menjalar pada penggemar PC. Soalnya, para pembuat PC custom semakin sering mendapatkan pesanan PC dengan tema khusus, seperti Star Wars.

Nah, bagi kalian yang ingin memiliki sebuah perangkat original Star War di komputer kesayangan kalian, tim Tek.id kebetulan kedatangan sebuah SSD baru dari Seagate. Dan SSD tersebut memiliki tema Star Wars.

Mereka menawarkan SSD ini dengan nama Firecuda Beskar Ingot, dimana memiliki performa yang sangat tinggi dan ditawarkan untuk para gamer. SSD ini memiliki dukungan PCIe Gen 4 x4 yang memiliki klaim kecepatan hingga 7000 MB/s.

Untuk mencapai kecepatan ini, mereka menggunakan kontroler Phison E18 PS5018. Sedangkan untuk NAND, mereka menggunakan Micron 3D TLC NAND. Kedua produk ini memang biasa digunakan di berbagai produk SSD gaming high-end.

Yang membuat SSD ini berbeda dari SSD gaming lainnya adalah heatsink yang digunakan bukan merek sembarangan. Mereka menggandeng EKWB untuk membuat heatsink yang satu ini.Mereka menggunakan tema Star Wars, dimana memiliki Mandalorian sebagai karakter yang ditampilkan untuk seri ini. Meski memang nama Mandalorian tidak sebesar karakter utama lain, seperti Luke Skywalker, Darth Vader, Obi Wan, dan lainnya, karakter ini cukup dicintai oleh penggemar waralaba ini.

Dalam paket penjualan, selain mendapatkan sebuah SSD dengan tema unik, mereka juga menawarkan beberapa hal lain yang dapat dijadikan sebuah koleksi bagi penggemar Star Wars. Kalian akan mendapatkan mini postcard bertemakan Mandalorian yang membawa Baby Yoda.

Kami pun menguji kemampuan dari SSD yang satu ini. Dan dalam beberapa kali pengujian, kami berhasil mendapatkan kecepatan yang lebih tinggi dari yang dijanjikan. Kami berhasil menembus kecepatan 7421 MB/s untuk sequential read dan hingga 6112 MB/s untuk kecepatan sequential write.

Dikarenakan heatsink yang dimiliki sangat besar, SSD ini dapat mempertahankan performanya dalam waktu yang lama. Selama pengujian, suhu yang terpantau berada di kisaran 67 derajat Celcius, sama seperti Seagate Firecuda 530 yang merupakan basis dari SSD ini.

Suhu ini dapat tercapai meski kami tidak memberikan pendinginan aktif di sekitar SSD ini. Sedangkan saat kami melakukan pengujian di casing dengan airflow yang baik, dimana hembusan angin melewati SSD ini, suhunya ada di kisaran 62 derajat Celcius.

Akan tetapi, dengan heatsink yang besar ini, penggunaanya cukup terbatas. Meski dapat digunakan di PS5 tanpa banyak masalah, namun bagi kalian yang memiliki motherboard dengan shield SSD panjang, maka kalian harus mengorbankan hal tersebut.

Di sisi lain, bagi kalian pengguna laptop, kalian terpaksa harus melupakan rencana untuk membeli perangkat yang satu ini. Dikarenakan heatsink yang besar, dapat dipastikan tidak akan dapat menutup casing belakang laptop saat menggunakan SSD yang satu ini.

Untuk harga sendiri, Seagater Star Wars Mandalorian Firecuda Beskar Ingot Drive ini dijual dengan harga kisaran Rp3,9 juta-an. Selain mendapatkan SSD kencang, kalian juga akan mendapatkan beberapa item koleksi eksklusif yang dapat masuk ke koleksi kalian.

Seagate Star Wars Mandalorian Firecuda Beskar Ingot

Keunggulan
  • Kencang
  • Desain kece
  • Suhu terjaga

Kekurangan
  • Heatsink cukup tebal
  •  
  •  

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.