Situs Netizen No.1 di Indonesia

Rencana tambah modal, GoTo tawarkan 118 miliar saham baru

PMTHMETD atau private placement GoTo akan melepas sebanyak-banyaknya 118.436.392.950 saham seri A atau maksimal 10% dari total modal yang disetorkan di Perseroan.

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) baru saja secara resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada April lalu. Setelah melakukan langkah besar tersebut, perusahaan tersebut dikabarkan berencana untuk menambahkan modal dengan menjual saham baru.

Keterbukaan informasi di BEI yang dirilis pada Jumat, 20 Mei 2022 mengungkapkan penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) atau private placement akan melepas sebanyak-banyaknya 118.436.392.950 saham seri A atau maksimal 10% dari total modal yang disetorkan di Perseroan.

Namun, rencana PMTHMETD baru akan dilaksanakan setelah menerima persetujuan dari Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST). Dalam beberapa informasi, GOTO akan menggelar RUPST pada 28 Juni mendatang.

“Dalam rangka pengembangan kegiatan lembar saham Seri A Melalui PMTHMETD, Perseroan diharapkan untuk mendapatkan alternatif sumber pendanaan untuk kepentingan Perseroan dan anak perusahaan Perseroan,” tulis manajemen GOTO.

GOTO mengatakan, dana yang dihasilkan akan digunakan untuk mendukung kebutuhan modal kerja Perseroan, PT Tokopedia, PT Dompet Anak Bangsa dan PT Multifinance Anak Bangsa.

Sementara itu, pelaksanaan PMTHMETD atau private placement akan menyebabkan persentase kepemilikan saham pemegang sahan saat ini mengalami penurun sebesar 9,09%(dilusi). Namun, ini tidak akan mengakibatkan perubahan rasio hak suara saham Seri B terhadap seri A.

Penambahan modal ini juga nantinya dapat meningkatkan kas dan ekuisitas perseroan. Mengingat prospek perusahaan yang berencana untuk tercatat di new York Exchange (NYSE), National Association of Securities Dealers Automated Quotations (NASDAQ), Hong Kong Stock Exchange (HKSE), Singapore Stock Exchange (SGX) atau London Stock Exchange (LSE), rencana ini mungkin adalah langkah awal GOTO untuk melakukan dual listing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.