Situs Netizen No.1 di Indonesia

realme 9i, performa gesit baterai Irit cuma Rp2 Jutaan

realme baru saja meluncurkan realme 9i, sebuah smartphone 2 jutaan yang menawarkan banyak fitur kelas atas.

Mencari smartphone baru untuk menemani kegiatan selepas libur lebaran merupakan sebuah hal yang rumit. Bukan hanya mencari mana perangkat dengan spesifikasi tinggi saja, namun harga merupakan sebuah hal yang penting.

Hal ini penting mengingat uang THR sudah sangat menipis. Tapi, kalian jangan khawatir soalnya realme baru saja meluncurkan sebuah smartphone baru, yakni realme 9i. Penasaran apa saja yang ditawarkan oleh smartphone ini? Dan, kenapa smartphone ini dijuluki The Most Powerful 33W & 6nm Processor Smartphone? Yuk kita bahas!

Keunggulan pertama yang paling menarik dari realme 9i adalah performanya. Meksi memiliki harga yang terjangkau, mereka tetap menawarkan performa yang tinggi. SoC yang mereka tanamkan di perangkat ini adalah Qualcomm Snapdragon 680.

Untuk informasi, ini merupakan pertama kalinya SoC ini hadir dalam smartphone di segmen harga ini. Jadi, kalian akan mendapatkan performa tinggi meski realme 9i hadir dengan harga yang terjangkau.

Perbedaan performa yang ditawarkan SoC ini dibandingkan pendahulunya, Snapdragon 662, terbilang cukup besar. Soalnya, Snapdragon 680 memiliki performa CPU dam AI 25 persen lebih besar serta performa GPU 10 persen lebih besar.

Dengan peningkatan performa ini, para pengguna akan mendapatkan pengalaman gaming serta pengalaman pengambilan gambar yang lebih baik.

Meski demikian, dikarenakan menggunakan teknologi fabrikasi 6nm, konsumsi daya yang dimiliki SoC ini 62 persen lebih irit jika dibandingkan dengan SoC yang menggunakan teknologi fabrikasi 12nm.

Dengan digunakannya SoC ini, pengguna juga akan mendapatkan sebuah layar dengan refresh rate 90Hz. Bukan unggul untuk bermain gim, namun refresh rate tinggi juga membuat pengalaman penggunaan smartphone secara overall lebih baik.

Yang lebih hebat lagi, realme 9i juga hadir dengan refresh rate adaptif untuk menghemat penggunaan daya. Ada beberapa mode, yakni mode statis 30Hz untuk penghematan daya, mode film yang berjalan di 48Hz, mode teleplay yang berjalan di 50Hz, mode video yang berada di 60Hz, mode gaming di 60Hz atau 90Hz, dan mode streaming di 90Hz.

Untuk para gamer, ada juga beberapa fitur menarik, dimana salah satunya adalah teknologi DRE. Teknologi ini dikembangkan untuk mengatasi turunnya performa yang disebabkan oleh kurangnya memori pada ponsel.

Teknologi ini memungkinkan kalian mengubah mengubah ROM menjadi RAM virtual untuk memperluas RAM. realme 9i sendiri dapat memperluas RAM hingga 5GB yang menawarkan RAM hingga 11GB.

Dan berikut ini hasil pengujian benchmark sintetis yang telah kami lakukan :

Hasil benchmark ini bisa dibilang dapat mengungguli beberapa smartphone lain di kisaran harga yang sama, namun memiliki spesifikasi yang berbeda. Selain itu, realme 9i tidak menunjukkan tanda-tanda overheat saat melakukan pengujian dan sesi gaming panjang.

Sementara untuk pengalaman gaming, kami dapat memainkan beberapa gim populer dengan cukup baik. Gim PUBG dam Apex Legends Mobile dapat berjalan dengan baik di pengaturan medium. Sedangkan gim MOBA seperti MLBB dan lain dapat berjalan di pengaturan tinggi tanpa ada lag berarti.

Untuk kalian yang suka menggunakan perangkat di malam hari, terdapat juga fitur penyesuaian kecerahan layar otomatis. realme 9i dapat mengubah kecerahan layar dari 480 nits menjadi 1 nit dengan instan.

Layarnya juga memiliki ukuran yang cukup besar, yakni 6.6 inci LCD dengan screen-to-body ratio sebesar 90,8 persen. Pengguna juga akan mendapatkan resolusi layar FHD+, yang cocok untuk penikmat video.

Sementara itu, untuk speaker, mereka menawarkan speaker Dual Stereo yang lantang dan jernih. Jadi, kalian tidak perlu khawatir mendengarkan film atau musik meski menyetelnya dengan volume yang cukup besar.

Performa apik namun memiliki waktu pakai yang singkat memang bukan pengalaman yang mengasyikkan. Tapi, realme paham sekali hal tersebut. Oleh karena itu, mereka menyematkan baterai 5000mAh di realme 9i.

Dalam pengujian yang kami lakukan, realme 9i dapat bertahan cukup lama, yakni sekitar 24 jam alias seharian penuh untuk penggunaan harian. realme mengklaim bahwa realme 9i dapat bertahan hingga 48,4 jam untuk panggilan telepon dan 20,7 jam untuk Whatsapp.

Untuk mendengarkan musik, ponsel ini bisa bertahan hingga dan 116,3 jam. Namun, kalian dapat lebih menghemat daya lebih baik karena smartphone ini hadir dengan berbagai fitur penghematan daya.

Yang pertama adalah dengan mengaktifkan mode App Quick Freeze. Mode ini akan membuat perangkat secara otomatis membekukan aplikasi yang idle. Setelah aplikasi memasuki status quick-freeze, aplikasi tersebut tidak akan menghabiskan daya di backstage.

Lalu, ada mode Screen Battery Optimization. Dengan mengaktifkan mode ini, perangkat akan dapat mengurangi konsumsi daya dengan mengurangi kecerahan secara cerdas.

Tak ketinggalan, ada Power Saving Mode. Mode ini akan menutup beberapa aplikasi background, jeda fungsi sinkronisasi otomatis background, mengurangi kecerahan layar, dan mematikan efek getaran sentuh.

Dan yang terakhir ada pula Super Power Saving Mode. Dengan mengaktifkan mode ini, perangkat akan melakukan penyetelan CPU, penyesuaian backlight, dan beberapa langkah lainnya serta opsi hemat daya yang ditargetkan untuk aplikasi tertentu mengurangi konsumsi daya, dan memperpanjang masa pakai smartphone.

Dengan Super Power Saving Mode, kami masih bisa membalas pesan melalui WhatsApp, bertelepon, memesan transportasi online hingga membuka navigasi.

Meski memiliki baterai besar, realme 9i juga hadir dengan teknologi pengisian daya 33W Dart Charge. Ini kali pertama untuk realme membawa teknologi pengisian daya cepat ke smartphone dikisaran harga ini.

Klaim realme, dengan menggunakan pengisian daya 33W Dart Charge, smartphone ini dapat diisi dengan penuh dari 0 dalam waktu 70 menit. Dan dalam pengujian kami, pengisian daya dari kosong hingga penuh dapat terjadi dalam waktu 73 menit.

Selain memiliki performa dan baterai besar, realme 9i juga memiliki konfigurasi kamera yang sangat baik. Bahkan, kamera utama di bagian belakang memiliki resolusi 50MP. Selain itu, kamera depannya menggunakan sensor Sony IMX 471 dengan resolusi 16MP.

Untuk hasil gambarnya sendiri, tanpa menggunakan mode AI, hasilnya sangat mengesankan. Warnanya cukup baik serta hasil fotonya cukup tajam. Pengguna dapat memilih untuk menggunakan mode standar atau mode 50MP untuk hasil kamera mereka.

Hadir juga kamera Portrait 2MP untuk menciptakan gambar bokeh yang sangat baik. Kehadiran kamera ini membuat kami dapat membuat foto dengan blur yang natural, sementara objek foto tetap memiliki hasil yang tajam.

Untuk penikmat foto macro, realme 9i juga hadir dengan kamera lensa Macro ultra-close 4cm. Kami pun dapat mengambil berbagai foto close-up yang ciamik menggunakan perangkat yang satu ini.

Beralih ke kamera depan, kamera 16MP yang ditawarkan oleh realme 9i juga sangat tajam. Hasil fotonya sangat detail sehingga dapat menawarkan hasil foto yang menarik.

Dan untuk pengalaman di malam hari, baik kamera depan dan belakangnya memiliki kemampuan yang cukup baik. Noise yang hadir di hasil foto tergolong minim, dan menawarkan hasil foto yang cukup baik.

Kalian juga akan mendapatkan banyak fitur kekinian lainnya, seperti Mode 50MP, Video, Night Mode, Panoramic view, Expert, Timelapse, Portrait Mode, HDR, Ultra macro, AI Beauty, Filter, Super Text, Slow Motion. Jadi, kalian dapat menghasilkan foto yang kekinian.

Terakhir, untuk desain, realme 9i juga hadir dengan desain yang sangat cantik. Mereka menggunakan Stereo Prism Design dimana mengadopsi pemesinan presisi CNC 5-axis untuk menghasilkan desain unik.

Cetakan tekstur ini memiliki lebih dari 3000 kombinasi garis seperti prisma dengan sudut dan kedalaman setiap garis berbeda. Tekstur prismatik dalam cahaya menunjukkan ritme seperti warna dan menawarkan nuansa visual “cahaya dalam gerakan”.

realme 9i tersedia dalam pilihan RAM 4GB dan ROM 64 GB serta RAM 6GB dan ROM 128GB. Keduanya dibanderol dengan kisaran harga Rp 2 jutaan.

Kesimpulan : Terbaik di harga Rp2 juta-an

Dengan semua yang ditawarkan oleh realme, maka tak heran jika realme 9i menjadi the most powerful 33W & 6nm processor smartphone di kisaran harga Rp 2 jutaan. So tunggu apa lagi, level up the power dengan membeli smartphone yang satu ini melalui Pre-Order tanggal 24-27 Mei 2022 dan Flash Sale 28 Mei pukul 12:00 WIB di Shopee, Lazada, JD.ID, akulaku, Blibli, Tokopedia, realme.com, dan Tiktok. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.