Situs Netizen No.1 di Indonesia
Berita  

Putin Tiba-tiba Terbitkan Dekrit Presiden, Soal Apa

Jakarta, CNBC Indonesia – Di tengah upaya perebutan sejumlah wilayah Ukraina oleh Rusia, Presiden Vladimir Putin mengambil langkah taktis dengan mengeluarkan dekrit terkait kependudukan.

Putin menandatangani dekrit pada Rabu (25/5/2022) yang menyederhanakan proses bagi penduduk wilayah Kherson dan Zaporizhzhia yang diduduki Rusia di Ukraina untuk memperoleh kewarganegaraan dan paspor Rusia.


Melansir CNN International, keputusan tersebut menandai langkah lebih lanjut menuju “Rusifikasi” dari dua wilayah, di mana perang Moskow di Ukraina telah memungkinkannya untuk membangun jembatan darat berkelanjutan yang menghubungkan Rusia ke semenanjung Krimea yang direbutnya dari Ukraina pada tahun 2014.

Langkah Putin memperluas skema yang tersedia untuk penduduk daerah yang dikendalikan oleh separatis yang didukung Rusia. Di wilayah Donetsk dan Luhansk Ukraina, Moskow telah mengeluarkan sekitar 800.000 paspor sejak 2019.

Adapun, Rusia mengeklaim kendali penuh atas wilayah Kherson, utara Krimea, pada pertengahan Maret, dan menguasai sebagian wilayah Zaporizhzhia di timur laut.

Di Kherson, gubernur Ukraina telah digulingkan dan pemerintah sipil-militer mengatakan awal bulan ini bahwa mereka berencana untuk meminta Putin memasukkannya ke Rusia pada akhir 2022.

Di sisi lain, Ukraina telah berjanji untuk merebut kembali semua wilayah yang diambil alih Rusia.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

16 Februari Batal Perang Mr Putin? Rusia Buka Pintu Negosiasi


(luc/luc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.