Situs Netizen No.1 di Indonesia
Berita  

Putin Mendadak Terbitkan Dekrit Presiden, Deklarasi Perang?

Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Rusia Vladimir Putin mengeluarkan sebuah dekrit presiden pada Rabu,(25/5/2022) lalu. Apakah ini terkait perang Rusia ke Ukraina?

Ternyata dekrit itu berisi penyederhanaan proses bagi penduduk wilayah Kherson dan Zaporizhzhia untuk memperoleh kewarganegaraan dan paspor Rusia. Keduanya merupakan wilayah Ukraina, yang diduduki Rusia.


Melansir CNN International, Jumat (27/5/2022), keputusan tersebut menandai langkah lebih lanjut menuju “Rusifikasi” dari dua wilayah. Di mana perang Moskow di Ukraina telah memungkinkannya untuk membangun “jembatan darat berkelanjutan” yang menghubungkan Rusia ke semenanjung Krimea yang direbutnya dari Ukraina pada tahun 2014.

Sebelumnya, Rusia mengeklaim kendali penuh atas wilayah Kherson, utara Krimea, pada pertengahan Maret. Pasukan Putin juga menguasai sebagian wilayah Zaporizhzhia di timur laut.

Di Kherson, gubernur Ukraina telah digulingkan dan pemerintah sipil-militer mengatakan awal bulan ini bahwa mereka berencana untuk meminta Putin memasukkannya ke Rusia pada akhir 2022.

Di sisi lain, Ukraina telah berjanji untuk merebut kembali semua wilayah yang diambil alih Rusia.

Rusia telah menyerang Ukraina sejak 24 Februari 2022. Meski pertemuan menteri sudah dilakukan, termasuk di Turki, hingga kini perdamaian belum terjadi di antara dua negara sesama bekas Uni Soviet itu.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Awas Perang Dunia III, Presiden Ini Teriak Hentikan Putin!


(sef/sef)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.