Situs Netizen No.1 di Indonesia
Berita  

Properti Menjadi Pilar Ekonomi Utama di China

Jakarta, CNBC Indonesia – Properti menjadi pilar ekonomi utama di China. Namun sejak 2021, pasar properti terus melemah tajam sebagai dampak tindakan keras pemerintah terhadap pinjaman berlebihan oleh pengembang, dan COVID-19- menyebabkan perlambatan ekonomi.

Padahal, lebih dari 100 kota telah memberikan kebijakan dan kemudahan demi meningkatkan permintaan hunian dengan berbagai cara. Langkah-langkah yang sudah diambil pemerintah demi meningkatkan permintaan hunian, seperti pemotongan tingkat hipotek, uang muka yang lebih kecil, dan subsidi. Namun, prospeknya tetap suram karena pemerintah memberlakukan pembatasan ketat karena Covid-19 di puluhan kota dan membebani kepercayaan konsumen.

Masalah pasar properti China kemungkinan akan memburuk tahun ini, dengan tidak ada pertumbuhan harga rumah yang terlihat selama setahun penuh, menurut jajak pendapat Reuters terbaru, dikutip Kamis (26/5/2022).


Analis mengatakan persediaan perumahan nasional berada pada tingkat yang tinggi, terutama di kota-kota tingkat tiga dan empat yang menghadapi tekanan de-stocking yang besar karena permintaan yang melambat.

Penjualan properti pada bulan April, berdasarkan nilai, turun pada laju tercepat mereka dalam sekitar 16 tahun meskipun langkah-langkah pelonggaran kebijakan lebih ditujukan untuk menghidupkan kembali sektor ini.

Pemotongan suku bunga lebih lanjut bulan ini bertujuan untuk mengurangi beban hipotek pembeli rumah tidak banyak meyakinkan investor dan analis bahwa mereka dapat meningkatkan permintaan.

Fitch Ratings bulan lalu menurunkan perkiraan penjualan properti berdasarkan nilai, mengharapkan mereka turun 25%-30% pada tahun 2022, dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya penurunan 10-15%.

Regulator keuangan telah berjanji untuk menjaga pertumbuhan kredit stabil di sektor properti dan membantu pembeli rumah yang terkena dampak wabah Covid-19 untuk menunda pembayaran hipotek mereka.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Bikin Bengong! Harga Tanah Kota Baru Pinggir DKI Rp 36 Juta/M


(RCI/dhf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.