Situs Netizen No.1 di Indonesia
Berita  

PNS Era Baru: Kerja Bebas dari Mana Saja dan Gaji Bakal Naik

Jakarta, CNBC Indonesia – PNS tak perlu lagi ke kantor di masa depan. Karena pemerintah merencanakan akan ada gaya kerja baru yakni bebas bekerja di aman saja atau Work From Anywhere (WFA).

“Jadi kalau WFA sebenernya ini kan karena kemarin pada saat pandemi, pelaksanaan WFH dan WFO berjalan baik, ASN terbukti efektif dan berkinerja baik dan publik dalam menerima dan meminta layanan bisa terlaksana dengan baik juga,” ujar Kepala Biro Hukum, Humas dan Kerjasama BKN, Satya Pratama kepada CNBC Indonesia.

Karena kondisi ini, pemerintah memiliki ide agar sistem kerja tidak harus ke kantor. WFA akan diterapkan dalam jangka panjang, walaupun pandemi sudah tidak ada lagi.


Kerja pun tak harus dari rumah atau Work From Home (WFH), namun akan lebih fleksibel bisa dari mana saja.

“Jadi ASN dan juga publik telah berhasil beradaptasi dengan perubahan tersebut. Kemudian, melihat keberhasilan WFO WFH ini maka munculnya namanya wacana untuk WFA,” kata Satya.

Kebijakan baru ini bertujuan meningkatkan kinerja PNS. Dia menilai melihat dari keberhasilan WFH, PNS bisa bekerja di tempat yang dirasa nyaman maka kerjanya akan lebih maksimal.

“Tujuannya, kepuasan ASN meningkat maka nanti kinerjanya meningkat sehingga kualitas pelayanan yang diberikan kepada publik juga nantinya akan meningkat. Jadi ini saling menguntungkan,” jelasnya.

Namun WFA itu juga memerlukan penunjang seperti kesiapan infrastruktur, informasi dan teknologi. Satya mengatakan kebijakan tersebut masih dikaji.

Selain itu lokasi dan kehadiran PNS juga sangat penting. Saat WFH, Kementerian/Lembaga sudah punya sistem pengawasan seperti absensi berdasarkan lokasi. Sementara saat rapat dengan aplikasi Zoom atau Google Meet, PNS harus mengaktifkan kamera agar terpantau kehadirannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.