Situs Netizen No.1 di Indonesia

Pilihan Obat Herbal untuk Bantu Mengobati Glaukoma

Obat glaukoma alami yang pertama adalah ginkgo biloba. Menurut studi berskala kecil yang dimuat Journal of Ocular Pharmacology and Therapeutics, ekstrak ginkgo biloba diduga bermanfaat menghambat efek buruk glutamat terhadap sel ganglion.

Berdasarkan International Glutamate Information Service, glutamat adalah 1 dari 20 asam amino penyusun protein, yang secara alami diproduksi di dalam jaringan tubuh. 

Dalam kondisi tertentu, glutamat ternyata dapat merusak sel ganglion retina, yaitu sel dengan kandungan massa jaringan saraf di dalam retina. Retina sendiri adalah lapisan sangat tipis di bagian belakang bola mata yang sensitif terhadap cahaya. 

Penelitian menduga, ekstrak ginkgo biloba dapat menghambat dampak negatif glutamat dalam mematikan sel ganglion retina. Jadi, aliran darah mata lebih lancar.

Khasiat ginkgo biloba dalam memperlancar aliran darah mata dianggap bermanfaat untuk pengidap glaukoma tekanan normal, yaitu kerusakan saraf optik ketika tekanan bola mata dalam kisaran normal.

Kendati belum diketahui penyebabnya, American Academy of Ophthalmology menduga, aliran darah mata yang lancar dapat mengurangi risiko glaukoma tekanan normal.

Meski begitu, dibutuhkan riset lanjutan guna mengonfirmasi manfaat ginkgo biloba dalam memperlancar aliran darah mata. 

Soalnya, sejumlah penelitian lain tidak menemukan khasiat ginkgo biloba dalam memperlancar aliran darah, maupun mendukung penglihatan pengidap glaukoma.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.