Otomotif

Pertamina Lubricants Teken Peluang Perpanjang Kontrak dengan Tim MotoGP Rossi

— Di tengah gegap gempita seri MotoGP Mandalika 2025, PT Pertamina Lubricants (PTPL) mengisyaratkan kelanjutan kerja sama dengan tim balap milik legenda Valentino Rossi, VR46 Racing Team. Kontrak yang awalnya berlangsung tiga tahun sejak 2024 hingga 2026, berpeluang diperpanjang menyusul evaluasi positif dari pihak Pertamina.

Direktur Utama PTPL, Werry Prayogi, mengungkapkan kepada wartawan di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok Tengah, Sabtu (4/10/2025), bahwa saat ini pihaknya tengah meninjau efektivitas kerja sama tersebut. “Ya, kita sudah mulai melihat dan me-review gitu kan, seefektif apa kerja sama ini,” ujarnya.

Dukungan Lebih dari Sekadar Sponsor

Werry menyatakan peluang perpanjangan kontrak semakin besar karena kerja sama ini tak hanya sebatas sponsorship semata. PTPL juga terlibat dalam pembinaan pebalap muda melalui akademi VR46 di Italia, sebuah langkah strategis yang membutuhkan kesinambungan lebih dari tiga tahun.

“Dimungkinkan (perpanjangan kontrak itu). Sekarang saya masih tunggu review teman-teman marketing, tapi lebih condong (perpanjang kontrak). Karena kan kalau didukung masalah akademi kan, nggak cukup kalau cuma tiga tahun, harus lanjut kan,” tambah dia.

Program Pembinaan Pebalap Muda dari Indonesia

Program pembinaan ini sudah berjalan sejak awal hingga pertengahan 2025. Setiap batch, lima pebalap muda asal Indonesia dikirim ke Tavullia, Italia, untuk berlatih di fasilitas olahraga balap yang dimiliki Valentino Rossi.

Akademi balap VR46 sendiri memiliki reputasi tinggi, telah melahirkan pebalap top MotoGP seperti Franco Morbidelli, Marco Bezzecchi, dan Francesco ‘Pecco’ Bagnaia, yang telah mengantongi dua gelar juara dunia.

Meningkatkan Citra dan Brand Awareness Enduro

Dari sisi bisnis, kerja sama ini juga berdampak signifikan pada citra pelumas Pertamina Enduro. “Kalau yang ngerti dunia branding, dunia marketing, brand kami sudah naik. Khususnya untuk Enduro, dari dulunya nomor 6, sekarang sudah nomor 2, atau nomor 3 secara brand expected index,” kata Werry.

Vice President Marketing PTPL, Nugroho Setyo Utomo, menambahkan, “Secara exposure-nya luar biasa. Jadi kalau kita nonton dari seri pertama sampai sekarang, itu mungkin dominasi kita di kamera, secara branding hampir 60% sorotan kamera itu masuk ke tim kita. Dengan pemilihan warna ya. Kebetulan warna yang kita pilih dari tahun kemarin itu (kuning) fluo.”

Jangan ketinggalan informasi penting! Follow kami sekarang di Google News.

Penulis: Irfan Maulana