Situs Netizen No.1 di Indonesia

Penyebab Sakit Kepala di Belakang Telinga

Neuralgia oksipital adalah jenis sakit kepala yang biasanya ditandai dengan nyeri kronis seperti menusuk, berdenyut, atau tersengat listrik di leher bagian atas, belakang kepala, dan di belakang telinga. 

Beberapa orang akan mengalami rasa sakit di kulit kepala, dahi, dan di belakang mata. Kulit kepala mereka mungkin juga akan lebih rapuh saat disentuh dan mata mereka sangat sensitif terhadap cahaya. 

Lokasi nyeri berhubungan dengan area saraf oksipitalis mayor dan minor. Kedua saraf ini membentang dari area tempat tulang belakang bertemu leher hingga kulit kepala di bagian belakang telinga. 

Rasa sakit tersebut disebabkan oleh iritasi atau cedera pada saraf yang dapat diakibatkan oleh trauma pada bagian belakang kepala, saraf terjepit oleh otot-otot leher yang terlalu kencang, kompresi saraf saat meninggalkan tulang belakang akibat osteoarthritis, atau tumor dan jenis lesi lain di leher. 

Neuralgia oksipital dapat diobati dengan pereda nyeri dan obat antiinflamasi. Pemblokiran saraf lokal dan obat relaksan otot juga bisa mengatasi masalah neuralgia oksipital. Pada kasus yang parah, kortikosteroid dapat langsung diberikan dalam bentuk suntikan pada area yang bermasalah. 

Artikel Lainnya: Jangan Sepelekan Sakit Kepala Bagian Belakang, Kenali Penyebabnya!

Karena neuralgia oksipital disebabkan oleh masalah pada leher, cobalah untuk tidak membiarkan kepala dan leher dalam posisi yang sama dalam waktu yang terlalu lama. Jika bekerja dengan laptop atau perangkat genggam, cobalah untuk mengubah posisi dan sering melihat ke atas dan menjauh dari perangkat. 

Terapi komplementer juga  bisa dipilih, seperti terapi panas untuk leher, pijat, terapi fisik dan olahraga, serta relaksasi dan meditasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.