Situs Netizen No.1 di Indonesia
Berita  

Muhammadiyah: Buya Syafii Maarif Bapak Bangsa yang Dekat Orang Kecil

Yogyakarta, CNN Indonesia

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir berduka atas wafatnya Ahmad Syafii Maarif alias Buya Syafii Maarif.

Haedar menyebut almarhum sebagai sosok yang menjunjung tinggi nilai-nilai moral etika, akhlak, serta keadaban mulia.

“Baik dalam internal Muhammadiyah umat dan bangsa bahkan dalam relasi antar bangsa,” kata Haedar di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, Jumat (27/5).


Selain itu, kata Haedar, Buya Syafii juga figur humanis yang dekat dengan orang-orang kecil.

Almarhum, menurutnya, merupakan sosok bapak bangsa berwawasan inklusif dan menaruh perhatian untuk pemikiran memajukan bangsa.

“Dengan orang-orang kecil beliau sangat dekat. Di minggu terakhir ini beliau selalu memperhatikan satpam dan siapapun mereka yang dianggap sebagai saudara-saudara kita yang perlu perhatian,” kata Haedar.

“Lebih dari itu suara beliau untuk mengajak elite bangsa menjadi negarawan itu tidak pernah berhenti,” ujarnya.

Haedar meyakini pihak RS PKU Muhammadiyah telah berupaya seoptimal mungkin, bahkan dengan bantuan tim dokter kepresidenan untuk menangani Buya Syafii.

Buya Syafii dinyatakan meninggal dunia hari ini pukul 10.15 WIB pada usia 87 tahun. Ia dirawat sejak 14 Mei 2022 karena keluhan sesak nafas.

Haedar mengaku masih sempat mendampingi 30 menit sebelum Buya Syafii dinyatakan meninggal dunia di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman.

“Kebetulan Saya sedang perjalanan ke Bandung sampai Klaten tapi dapat kabar Kalau Buya kondisinya kritis saya kembali lagi dan masih bisa menjumpai beliau,” lanjut Haedar.

Mewakili PP Muhammadiyah, ia mengucap belasungkawa sedalam-dalamnya atas kepergian Buya Syafii.

“Kami Muhammadiyah dan tentu bangsa Indonesia berduka sedalam-dalamnya atas wafatnya Buya Syafii Maarif dan kita doakan beliau husnul khotimah, diampuni kesalahannya diterima amal ibadahnya dan ditempatkan di jannatunnaim surga Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” katanya.

(kum/fra)

[Gambas:Video CNN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.