Situs Netizen No.1 di Indonesia

Mengenal Manfaat dan Fungsi Prosedur Laser CO2 untuk Kulit

Prosedur laser wajah menjadi pilihan perawatan kulit yang memiliki banyak manfaat baik. Berbagai macam jenis perawatan laser bisa digunakan untuk kulit Anda, salah satunya adalah laser gas karbon dioksida atau laser CO2

Fungsi laser CO2 sangatlah beragam dan salah satunya memberikan penampilan paripurna pada wajah Anda. Seperti apakah keunggulan dari prosedur laser CO2 untuk kulit? Cari tahu lewat ulasan di bawah ini.

Fungsi Laser CO2 

Laser CO2 adalah bagian dari prosedur laser resurfacing yang digunakan untuk mengurangi munculnya kerutan dan bekas luka. Di samping itu, laser resurfacing juga banyak digunakan untuk meratakan warna kulit (pigmentasi), mengencangkan kulit, dan menghilangkan lesi, baik yang jinak (non-kanker) maupun ganas. 

Artikel Lainnya: Mengenal Seluk Beluk Terapi Laser untuk Kecantikan

Prosedur laser CO2 menggunakan gas karbon dioksida yang dilakukan dengan cara mengarahkan sinar dengan denyutan pendek dan terkonsentrasi pada area kulit yang bermasalah.

Dijelaskan oleh dr. Atika, laser CO2 mengatasi masalah kulit dengan mengablasi lapisan terluar dari kulit sambil menghangatkan lapisan bawahnya (dermis). Akibat adanya panas, produksi kolagen akan terstimulasi. Pada akhirnya, terbentuklah lapisan kulit baru yang lebih bersih, sehat, dan kencang. 

Terdapat dua cara kerja pada laser CO2 yang disesuaikan dengan kebutuhan atau kondisi kulit:

  • Laser Ablatif 

Ini dilakukan dengan membuat trauma pada kulit. Tujuannya untuk menghilangkan lapisan luar kulit yang tipis (epidermis) dan memanaskan kulit di bawahnya (dermis). 

  • Laser non-ablatif

Ini bekerja seperti perangkat Pulsed Light (IPL), tidak membuat kulit trauma, melainkan merangsang pertumbuhan kolagen, serta memperbaiki warna dan tekstur kulit. Metode ini tidak invasif dan hanya membutuhkan lebih sedikit waktu untuk sembuh, tetapi kurang efektif. 

Umumnya, laser CO2 digunakan untuk mengobati beberapa masalah kulit. Menurut dr. Atika, laser jenis ini sangat efektif untuk mengatasi bekas jerawat (bukan jerawat aktif). “Rosacea atau kulit kemerahan disertai bintik seperti jerawat juga bisa diatasi dengan ini,” tambahnya.

Artikel Lainnya: Terapi Laser untuk Flek Hitam di Wajah, Efektifkah?

Di samping efektif menghilangkan jerawat, laser CO2 bisa mengobati atau mengatasi masalah kulit lainnya, seperti:

  • Kerutan halus dan dalam di wajah
  • Bintik-bintik penuaan di wajah
  • Warna atau tekstur kulit yang tidak merata
  • Kulit yang mengalami kerusakan akibat sinar matahari
  • Masalah pori-pori besar
  • Masalah hiperpigmentasi kulit wajah

Prosedur Laser CO2 untuk Kulit

Prosedur laser CO2 biasanya tidak membutuhkan rawat inap. Dokter akan menggunakan anestesi lokal dan obat penenang yang diberikan melalui mulut atau pembuluh darah. Area yang akan dilakukan laser akan mati rasa berkat anestesi lokal tersebut. 

Anestesi umum dapat pula diberikan, terutama untuk pasien yang membutuhkan pengobatan di seluruh wajah. Kondisi kulit yang biasanya memerlukan laser CO2 di seluruh wajah adalah kerutan. 

Prosedur laser CO2 di sebagian wajah biasanya memakan waktu antara 30 hingga 45 menit. Sementara itu, laser di seluruh wajah membutuhkan waktu 1,5 hingga 2 jam. 

Dokter Atika menyampaikan bahwa laser CO2 bisa menyebabkan efek samping berupa kemerahan, bengkak, rasa nyeri pada bekas laser. “Tak hanya itu, bisa juga muncul bintil putih (milia), penggelapan warna kulit (hiperpigmentasi), dan terbentuknya jaringan parut pada beberapa kasus,” tambahnya.

Artikel Lainnya: Ingin Menghilangkan Tato dengan Laser? Ketahui 7 Fakta Ini Dulu

Untuk menghindari efek samping tersebut, dokter akan membalut wajah dengan perban antilengket selama 24 jam. Anda mungkin diminta untuk membersihkan area yang dirawat 2 hingga 5 kali sehari dengan larutan garam atau cairan cuka. 

Salep luka yang direkomendasikan dokter pun perlu diaplikasikan ke area yang dirawat secara teratur. Perawatan luka ini dimaksudkan untuk mencegah pembentukan koreng yang dapat meningkatkan kemungkinan jaringan parut dan memperpanjang waktu penyembuhan. 

Proses penyembuhan setelah laser CO2 biasanya berlangsung selama 10 hingga 21 hari. Namun, waktu tersebut tetap tergantung pada kondisi kulit yang menjalani perawatan, serta intensitas pengaturan laser. Semakin kuat pengaturan laser, semakin lama waktu pemulihannya. 

Selama proses penyembuhan, diharuskan pula menghindari paparan sinar matahari selama 4 minggu dan selalu menggunakan tabir surya.

Seperti itulah penjelasan mengenai manfaat laser CO2 untuk wajah. Jangan lupa berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum menjalani teknik laser ini.  Anda bisa melakukan konsultasi awal lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter

(PUT/JKT)

Referensi:

Cleveland Clinic. Diakses 2022. Laser Skin Resurfacing

Medicine Net. Diakses 2022. What Is CO2 Laser Skin Resurfacing?

Cleveland Clinic. Diakses 2022. Carbon Dioxide Laser Resurfacing. 

Ditinjau oleh dr Atika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.