Situs Netizen No.1 di Indonesia

Mau Jadi Asisten Dokter Gigi? Ini Tugas dan Syaratnya

Dokter gigi bertugas merawat keluhan yang ada di dalam rongga mulut. Dalam menjalankan perannya, dokter gigi akan membutuhkan pendamping atau asisten. 

Pasalnya, penggunaan alat dan bahan yang digunakan dalam tiap perawatan ada banyak sekali. Inilah yang membuat dokter gigi tidak dapat bekerja sendirian.

Asisten dokter gigi tidak boleh sembarangan. Sebagai orang yang membantu dokter gigi dalam melakukan perawatan, keterampilan dasar dalam perawatan gigi diperlukan.

Apa saja tugas dan bagaimana syarat jadi asisten dokter gigi? Simak penjelasannya berikut ini.

Fungsi dan Tugas Asisten Dokter Gigi

Saat mengunjungi dokter gigi, dokter akan didampingi oleh asisten. Tugas dari asisten dokter gigi adalah membantu dokter untuk mempermudah proses perawatan gigi pada pasien.

Seperti yang diketahui, perawatan gigi dilakukan di atas kursi gigi. Dokter gigi akan berada pada sisi kanan pasien, sedangkan asisten akan berdiri di sisi kiri pasien.

Artikel Lainnya: Mengintip Perbedaan Dokter Gigi Anak dan Dokter Gigi Umum

Pada sisi dokter gigi, tersedia meja untuk meletakkan alat dan bahan serta perlengkapan bur gigi. Sementara pada sisi kiri pasien, tersedia suction untuk menyedot cairan yang berada di dalam rongga mulut.

Nah, asisten dokter gigi berada di sisi kiri untuk memegangi suction selama perawatan berlangsung. 

Memang pada umumnya, tempat penyimpanan alat dan bahan berada di sebelah kiri pasien atau dekat dengan asisten dokter. 

Pada saat perawatan, asisten akan mengambilkan alat dan bahan yang dibutuhkan oleh dokter gigi dengan mudah serta minim perpindahan. 

Terkadang asisten juga dibutuhkan berpindah ke posisi dekat dokter gigi untuk melakukan manipulasi atau pengadukan bahan yang akan diaplikasikan ke pasien.

Seorang asisten dokter gigi juga biasanya akan diminta untuk mensterilkan peralatan gigi yang akan digunakan.

Syarat untuk Jadi Asisten Dokter Gigi

Fungsi dan tugas asisten dokter gigi tidak boleh dianggap sebelah mata. Meski kehadirannya terkadang diabaikan, perannya dapat membantu proses perawatan berjalan lancar, lho.

Selain itu, orang yang menjadi asisten dokter gigi pun tidak bisa sembarangan. Walaupun dokter gigi yang akan melakukan perawatan, seorang asisten harus memiliki bekal pengetahuan dasar saat perawatan.

Faktanya, pengetahuan dasar asisten dokter gigi akan memudahkan jalannya perawatan sehingga keberhasilan perawatan juga akan meningkat.

Artikel Lainnya: Ini Tanda Anda Harus Segera Ke Dokter Gigi

Jika ingin memiliki pengetahuan dasar, pastinya butuh pembelajaran. Maka, syarat jadi asisten dokter gigi adalah wajib mengikuti pelatihan atau sekolah—bahkan kuliah—mengenai keperawatan gigi.

Saat ini sudah banyak universitas yang membuka jurusan mengenai perawat gigi. Pada tingkatan di bawahnya juga ada sekolah setingkat SMK yang mempelajari mengenai pengetahuan dasar keperawatan gigi.

Raihlah minimal gelar SMA, lalu fokuskan pada mata pelajaran yang berkaitan, misalnya biologi, anatomi, ataupun kimia.

Selain itu, Anda bisa meningkatkan kemampuan interpersonal dengan magang di bidang yang berhubungan dengan layanan pelanggan. Pasalnya, sudah menjadi tugas seorang asisten dokter gigi untuk berinteraksi secara langsung dengan pasien.

Tak hanya itu, untuk memantapkan kemampuan mengenai kesehatan gigi, Anda bisa mengikuti program sertifikasi dan seminar mengenai ilmu kedokteran gigi.

Kini Anda sudah mengetahui fungsi dan tugas asisten dokter gigi. Meski kehadirannya mungkin tidak Anda perhatikan sebelumnya, peran seorang asisten ini sangat membantu berjalannya perawatan.

Dapatkan informasi kesehatan menarik lainnya di aplikasi KlikDokter. Apabila memiliki pertanyaan terkait kesehatan gigi dan mulut, gunakan fitur Live Chat untuk chat dengan dokter gratis.

[WA]

Referensi

La Ode Jumadi G. Pengantar Keperawatan Profesional, Cetakan 1, Jakarta, EGC. 1999.

Sri Praptianingsih, Kedudukan Hukum Perawat Dalam Upaya Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit, Edisi 1, Jakarta, Raja Grafindo Persada. 2006.

Pakpahan, N., Standar Profesi Perawat Gigi. 2008.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.