Situs Netizen No.1 di Indonesia

Manfaat Jus Amla untuk Kesehatan Pasien Penyakit Ginjal

Diungkapkan oleh dr. Arina Heidyana, “Dari penelitian terhadap hewan, didapatkan bahwa jus amla dapat membantu melindungi ginjal dari kerusakan dan menjaga fungsi ginjal. Ini dikaitkan dengan kandungan antioksidan yang tinggi dari amla.”

Penelitian lawas pada hewan yang berjudul Amla (Emblica officinalis Gaertn.) Attenuates Age-related Renal Dysfunction by Oxidative Stress (2007), menemukan bahwa ekstrak amla membantu mencegah disfungsi ginjal terkait usia dengan mengurangi stres oksidatif. 

Selanjutnya, penelitian lain tahun 2016 pada tikus, menyimpulkan bahwa ekstrak amla membantu menormalkan fungsi ginjal. Di samping itu, terlihat peningkatan status antioksidan pada tikus yang diberi obat untuk menginduksi toksisitas ginjal. 

Dari penelitian tersebut, jus amla pun dinilai dapat membantu menghindari perburukan fungsi ginjal pada pasien penyakit ginjal. Namun, kembali lagi, penelitian lanjutan terhadap manusia masih harus dilakukan. 

Artikel Lainnya: Punya Penyakit Ginjal, Hindari Konsumsi Makanan Ini

Cara Membuat Jus Amla

Apabila ingin mengonsumsi jus buah ini sebagai penunjang fungsi ginjal, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Cukup blender halus 2-4 buah amla yang sudah dipotong bersama 1-2 gelas (250-500 mL) air. 

Anda juga bisa menambahkan jahe, lada hitam, madu, atau garam laut untuk cita rasa. Setelah dihaluskan, saring dan minum airnya. 

Jika sulit menemukan buah amla, Anda bisa membeli jus amla yang dijual di pasaran. Pastikan cari yang memiliki kandungan bebas gula tambahan, pemanis buatan, dan pengawet. 

Itulah beberapa manfaat jus amla untuk pasien penyakit ginjal. Perlu diingat bahwa penelitian mengenai manfaat jus amla baru dilakukan pada hewan. Ini artinya masih diperlukan penelitian lanjutan untuk membuktikan manfaatnya terhadap manusia. 

Di samping itu, jus amla juga bukan obat untuk menyembuhkan penyakit ginjal ataupun gagal ginjal. Tetap jalani pengobatan yang diberikan dokter dan barengi dengan pola hidup sehat. 

Konsultasi langsung dengan dokter penyakit dalam seputar masalah kesehatan ginjal lainnya hanya di aplikasi KlikDokter

(PUT/JKT)

Referensi:

National Kidney Foundation. Diakses 2022. Chronic Kidney Disease and Pneumococcal Disease: Do You Know the Facts?

Healthline. Diakses 2022. 6 Promising Benefits of Drinking Amla Juice.

NCBI. Diakses  2022. Vitamin C and Infections. 2017. 

NCBI. Diakses 2022. Immunomodulatory role of Emblica officinalis in arsenic induced oxidative damage and apoptosis in thymocytes of mice. 2013. 

Centers for Disease Control and Prevention. Diakses 2022. The Surprising Link Between Chronic Kidney Disease, Diabetes, and Heart Disease

NCBI. Diakses 2022. A randomized, double blind, placebo controlled, multicenter clinical trial to assess the efficacy and safety of Emblica officinalis extract in patients with dyslipidemia. 2019. 

NCBI. Diakses 2022. Supplementation of a Standardized Extract from Phyllanthus emblica Improves Cardiovascular Risk Factors and Platelet Aggregation in Overweight/Class-1 Obese Adults. 2015. 

NCBI. Diakses 2022. Antioxidant effect of Phyllanthus emblica extract prevents contrast-induced acute kidney injury. 2014. 

PubMed. Diakses 2022. Amla (Emblica officinalis Gaertn.) attenuates age-related renal dysfunction by oxidative stress. 2007. 

NCBI. Diakses 2022. Therapeutic Potential and Molecular Mechanisms of Emblica officinalis Gaertn in Countering Nephrotoxicity in Rats Induced by the Chemotherapeutic Agent Cisplatin. 2016. 

Ditinjau oleh dr. Arina Heidyana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.