Situs Netizen No.1 di Indonesia
Berita  

Makin Dekat! Cek Besaran dan Jadwal Pencairan Gaji ke-13 PNS

Jakarta, CNBC Indonesia – PNS dipastikan akan mendapatkan gaji ke-13 tahun ini. Jumlah gaji tersebut disebutkan akan lebih besar dari tahun tahun lalu.

Tahun lalu, besaran THR dan gaji ke-13 menghitung gaji pokok dan tunjangan melekat tanpa adanya tunjangan kinerja (tukin). Sementara hitungan terbaru, gaji ke-13 nantinya akan ada perhitungan tukin, sama seperti dengan THR lalu.

Menteri Keuangan Sri Mulyani beberapa waktu lalu mengatakan pencairan gaji ke-13 dilakukan saat masuk tahun ajaran baru anak sekolah, atau pada Juli 2022.


“Ini seperti yang selama ini dilakukan tujuannya adalah untuk membantu seluruh aparatur, terutama pada saat menjelang tahun ajaran baru yang dilaksanakan pada bulan Juli yang biasanya juga identik dengan kebutuhan-kebutuhan belanja bagi putra-putri bagi anak ASN, TNI dan Polri,” ujarnya yang dikutip dari Youtube Kemenkeu RI.

Sri Mulyani mengatakan gaji ke-13 itu bertujuan membantu memenuhi kebutuhan anak-anak PNS yang masih sekolah. Alasan lainnya menjadi salah satu faktor pendorong aktivitas perekonomian sehingga proses akselerasi pertumbuhan ekonomi tetap terjaga.

“Gaji ke-13 ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan biasanya berbagai belanja untuk keperluan pendidikan,” jelas Sri Mulyani.

Aturan terkait THR dan gaji ke-13 tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 75 tahun 2022. Dituliskan di dalamnya, gaji ke-13 akan diterima sama seperti gaji bulan Juni 2022.

“Besaran Gaji Ketiga Belas yang dibayarkan yakni mengikuti ketentuan sebagaimana dimaksud dengan didasarkan komponen penghasilan yang dibayarkan pada bulan Juni tahun 2022,” tulis PMK 75/2022.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

‘Kiamat’, Sayonara Tenaga Honorer PNS..


(npb/npb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.