Situs Netizen No.1 di Indonesia
Berita  

Luhut Buka-bukaan Soal Arahan Jokowi Urus Minyak Goreng

Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi resmi ditunjuk Presiden Joko Widodo untuk mengurusi masalah minyak goreng. Khususnya Untuk mengatur distribusi minyak goreng kepada masyarakat.

Mulai dari pekan ini Luhut juga sudah mulai melakukan pekerjaanya, dan berencana untuk melakukan audit kepada semua perusahaan sawit.

“Nanti kita audit semua (perusahaan) kelapa sawit yang belum pernah sepanjang sejarah kita lakukan,” kata Luhut kepada wartawan usai acara evaluasi aksi afirmasi Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Selasa (24/5/2022).


Audit itu meliputi luas lahan, hak guna usaha (HGU), produksi hingga kantor pusat. Khusus untuk kantor pusat, Luhut bilang tidak boleh ada kantor pusat perusahaan kelapa sawit di luar wilayah NKRI.

Audit akan dilakukan secepatnya setidaknya mulai bulan depan atau awal Juni, supaya persoalan minyak goreng segera kondusif. Baik dari suplai hingga harga.

Presiden Joko Widodo menaruh optimisme tinggi harga minyak goreng di pasaran akan turun, seperti minyak curah menjadi Rp 14.000 per liter.

Berbicara saat meresmikan Pembukaan Rapat Kerja Nasional V Projo Tahun 2022 di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jokowi mengaku sudah menemukan kunci agar polemik harga minyak goreng selesai.

“Tapi ini kuncinya sudah ketemu, ini dalam seminggu, dua minggu, Insyaallah yang namanya minyak goreng curah akan berada di harga Rp14.000 [per liter],” kata Jokowi dikutip laman Sekretariat Presiden, Kamis (26/5/2022).

[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Sama-Sama Raja Sawit: Migor di Malaysia Lebih Murah dari RI


(dce/dce)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.