Situs Netizen No.1 di Indonesia

Inilah Posisi Duduk yang Benar Saat Membaca

Duduklah di kursi yang nyaman dan letakkan kaki di lantai hingga membentuk sudut 90 derajat. Cara ini membantu menjaga tulang belakang tetap lurus ketika membaca buku atau informasi melalui gadget.

Jika Anda masih kesulitan, letakkan kaki pada bangku kecil setinggi 15-30 cm dari permukaan lantai. Jaga posisi kaki agar menapak lurus pada permukaan kursi kecil tersebut. Hal ini membantu mencegah tubuh condong ke depan.

Itu dia posisi membaca yang benar. Agar sirkulasi darah lancar dan kesehatan otot tetap terjaga, pastikan untuk selalu memberi jeda di antara waktu membaca. Caranya, beristirahat sekitar lima menit setiap jamnya.

Selama beristirahat, lakukan jalan-jalan kecil dan peregangan otot sederhana. Tujuannya, untuk mengurangi pegal dan nyeri otot.

Sempatkan pula untuk meregangkan kaki selama 5-10 detik di sela-sela kegiatan membaca. Jadi, sirkulasi darah di kaki lancar dan terhindar dari kram. 

Mulai sekarang, coba terapkan sikap membaca yang benar di atas, yuk. Kalau badan sering nyeri atau mata bermasalah karena membaca, coba konsultasi dokter online gratis di Live Chat.

Mau tahu info kesehatan penting lainnya? Download aplikasi KlikDokter sekarang!

(FR/NM)

Referensi:

Well + Good. Diakses 2022. How to Maintain Proper Neck Posture While Reading, According to a Chiropractor.

Harvard Health Publishing. Diakses 2022. Safeguarding Your Sight.

Ditinjau oleh dr. Reza Fahlevi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.