Situs Netizen No.1 di Indonesia

Inilah Gejala Papiloma Laring yang Perlu Diwaspadai

Sakit telinga juga bisa menjadi gejala papiloma laring yang tidak boleh diabaikan. Dijelaskan oleh dr. Reza Fahlevi, telinga dan tenggorokan dihubungkan oleh tabung pendengaran, yaitu tabung Eustachius. 

“Ketika ada papiloma laring, akan terjadi peradangan atau pembengkakan di saluran pernapasan. Hal ini juga dapat menyumbat tuba eustachius yang kemudian menyebabkan sakit telinga,” papar dr. Reza. 

Ia juga menambahkan bahwa pada kondisi yang parah, sakit telinga akan dibarengi dengan keluarnya cairan dari telinga. Sakit telinga ini pun bisa terjadi bersamaan dengan nyeri di tenggorokan pada penderita papiloma laring. 

Cara Mendiagnosis Papiloma Laring

Papiloma laring memiliki gejala yang mirip-mirip dengan asma atau bronkitis kronis. Oleh karena itu, dokter akan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan kepala dan leher secara menyeluruh. 

Selama proses ini, dokter akan menilai kualitas vokal, efisiensi, dan teknik berbicara individu terkait. Berikut beberapa prosedur yang mungkin akan direkomendasikan dokter. 

  • Prosedur Videostroboscopy Laring

Dalam prosedur ini, dokter menggunakan endoskopi fleksibel atau kaku yang dipasang pada monitor. Alat tersebut memungkinkan dokter untuk sepenuhnya mengevaluasi fungsi dan getaran laring. 

Artikel Lainnya: Jangan Keliru, Ini Perbedaan Kelainan Pita Suara dan Asma

  • Laringoskopi Langsung atau Mikrolaringoskopi

Prosedur ini memungkinkan dokter memeriksa pita suara dan dilakukan dengan anestesi umum. Selama prosedur, dokter akan mengambil sampel jaringan untuk biopsi atau mengangkat tumor 

jinak. Biopsi merupakan tes untuk memeriksa adanya peradangan atau sel kanker pada tubuh.

Itulah penjelasan mengenai gejala papiloma laring yang perlu diwaspadai. Apabila Anda mengalami salah satunya, bisa melakukan konsultasi awal lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter. Jika gejala semakin mengganggu atau parah, segera periksa ke dokter.

(PUT/JKT)

Referensi:

National Library of Medicine. Diakses 2022. Laryngeal Papillomas. 2021.

E-Medicine Health. Diakses 2022. What Causes Laryngeal Papillomatosis?

University of Michigan Health. Diakses 2022. Respiratory Papilloma.

National Institute on Deafness and Other Communication Disorders. Diakses 2022. Recurrent Respiratory Papillomatosis or Laryngeal Papillomatosis.

National Health Service Inform. Diakses 2022. Feeling of something in your throat (Globus).

E-Medicine Health. Diakses 2022. Dysphagia (Difficulty Swallowing).

Very Well Health. Diakses 2022. Throat and Ear Pain

Ditinjau oleh dr Reza Pahlevi 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.