Situs Netizen No.1 di Indonesia

Inilah Cara Paling Sehat Konsumsi Madu

Menurut penelitian yang dimuat tahun 2016 oleh National Journal of Physiology, Pharmacy and Pharmacology, madu bisa menjadi terapi tambahan untuk sakit tenggorokan

Penelitian yang dilakukan tersebut melibatkan 100 responden yang mengalami sakit tenggorokan. 

Hasilnya, partisipan yang mengonsumsi madu di samping pengobatan utama mengalami perbaikan lebih cepat ketimbang responden lain yang tidak mengonsumsi madu.

Cara minum madu yang benar dalam pengobatan sakit tenggorokan adalah sebagai berikut:

  • Minumlah sebanyak 1 sendok makan madu.
  • Konsumsi sebanyak dua kali sehari.
  • Telan madu secara perlahan-lahan.

Artikel lainnya: Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh

Anda mungkin pernah bertanya-tanya, kapan waktu yang baik untuk minum madu? 

Sebenarnya tidak ada rekomendasi khusus waktu yang disarankan untuk konsumsi madu setiap harinya. Namun, bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

Misalnya, jika sedang mengalami sakit tenggorokan, Anda boleh saja langsung mengonsumsi madu.

Jika ingin memperoleh manfaat madu yang menenangkan dan membantu untuk tidur lebih nyenyak, boleh dikonsumsi sebelum tidur.

Mengenai berapa sendok madu yang perlu dikonsumsi tiap hari, hal ini sangat dipengaruhi oleh kandungan madu yang Anda pilih. 

Sebaiknya perhatikan kadar gula yang mungkin terdapat dalam madu, agar terhindar konsumsi gula berlebih.

Selain itu, ada yang bilang kalau minum madu tidak baik jika dicampur air hangat. Bagaimana faktanya?

Sampai saat ini, belum ada penelitian yang mengatakan bahwa efektivitas madu akan berkurang jika dilarutkan dalam air hangat. Oleh karena itu, boleh saja jika ingin mengonsumsinya dengan air hangat.

Nah, setelah mengetahui manfaat dan cara minum madu yang benar, mulailah mencermati jenis produk madu yang akan Anda pilih. 

Karena madu sangat mudah ditemukan di mana-mana, Anda perlu mewaspadai adanya produk madu palsu ataupun yang sudah dicampur dengan bahan-bahan lain. 

Penting juga untuk mengetahui aturan minum madu, agar manfaat kesehatan yang diinginkan dapat Anda peroleh secara optimal.

Dapatkan informasi kesehatan lainnya di aplikasi KlikDokter. Anda juga dapat tanya dokter secara gratis melalui fitur Live Chat 24 jam.

[RS]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.