Situs Netizen No.1 di Indonesia

Ini yang Terjadi Ketika Hidung Kemasukan Benda Asing

Kalau tidak hati-hati, hidung bisa kemasukan benda asing. Kondisi ini paling sering dialami anak-anak dan dapat mengganggu pernapasan. Mari ketahui apa yang terjadi ketika kemasukan benda asing di hidung.

Selama ini, Anda mungkin hanya tahu permasalahan hidung seperti mampet, meler, atau paling parah adalah kehilangan indra penciuman. Nyatanya, ada masalah lainnya yang bisa terjadi pada hidung, yakni kemasukan benda asing.

Kemasukan benda asing di hidung paling sering terjadi pada anak-anak usia 1-8 tahun. Sering kali yang masuk adalah benda-benda seperti sobekan kertas, kacang, koin, manik-manik, sampai mainan kecil. 

Apa yang Terjadi Kalau Benda Asing Masuk ke Hidung

Gejala yang muncul pada kasus kemasukan benda asing di hidung, seperti berikut:

  • Keluarnya cairan dari hidung yang baunya busuk.
  • Hidung terasa tersumbat hingga sulit bernapas
  • Nyeri pada bagian hidung
  • Sakit kepala
  • Demam
  • Mimisan
  • Munculnya suara siulan di hidung ketika bernapas.

Selain itu, masuknya benda asing dalam hidung bisa menyebabkan pembengkakan pada lapisan mukosa hidung serta erosi pada mukosa hidung. Jika mengeras, maka dapat menjadi jaringan granulasi.

Zat asing yang bersifat korosif, seperti baterai, juga dapat merusak septum hidung. Jika  benda asing tersebut tidak dikeluarkan, risikonya dapat mengakibatkan komplikasi serius. 

Ini bisa berbahaya karena benda asing dapat masuk lebih dalam ke saluran napas dan menyebabkan gagal napas. Komplikasi lainnya bisa berupa perdarahan dan infeksi.

Artikel lainnya: Hidung Perih Seperti Kemasukan Air, Tanda Penyakit Apa?

Cara Mengeluarkan Benda Asing di Hidung

Ketika Anda atau orang di sekitar ada yang kemasukan benda asing di hidungnya, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengeluarkannya. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan: 

1. Jangan Mencongkel Sembarangan

Jika kemasukan benda asing di hidung, berusahalah untuk tetap tenang dan tidak panik. Karena jika Anda panik, hal tersebut dapat berisiko membuat benda tersebut semakin masuk lebih dalam lagi ke saluran napas.

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah jangan mencongkel benda sembarangan. 

Apalagi jika Anda mencoba mencongkelnya menggunakan cotton bud atau jari tangan. Bukannya keluar, benda asing malah lebih terdorong ke dalam hidung. 

2. Bernapas Melalui Mulut

Cobalah untuk bernapas melalui mulut selama benda asing masih di dalam hidung. Jika anak Anda yang kemasukan benda asing, ajarkanlah dia untuk bernapas melalui mulut secara perlahan.

Hal ini juga dilakukan untuk mencegah benda masuk lebih dalam ke hidung dan menyumbat pernapasan.

3. Coba untuk Mendengus

Selanjutnya, Anda bisa mencoba untuk mendengus sebagai salah satu cara mengeluarkan benda dari hidung. Embuskanlah napas kuat-kuat melalui hidung untuk membantu mendorong keluar benda asing yang masuk.

Apabila benda yang masuk sudah lebih terlihat dari permukaan hidung, barulah Anda bisa mengambilnya. Jika letaknya masih dalam, jangan paksa untuk keluarkan. 

Artikel lainnya: Ini Kondisi Medis yang Sebabkan Hidung Dipenuhi Upil

4. Gunakan Pinset Kecil

Cara lainnya untuk mengeluarkan benda dari hidung adalah menggunakan pinset kecil. 

Masukkan pinset ke dalam lubang hidung secara perlahan agar tidak melukai dinding dalam hidung. Setelah itu, jepit benda asing dengan pinset dan keluarkan dengan pelan-pelan.

Anda harus melakukan ini dengan sangat hati-hati. Bila misalnya anak Anda yang kemasukan benda asing dan ia tidak bisa kooperatif, maka jangan mencoba menggunakan pinset karena dapat berbahaya untuknya.

5. Segera Bawa ke Dokter

Jika kasus Anda tergolong parah, Anda wajib mendapatkan pertolongan medis. Apabila kondisi di bawah ini dialami Anda atau keluarga, pertanda Anda harus mendapatkan pertolongan medis sesegera mungkin:

  • Tidak bisa bernapas dengan baik.
  • Perdarahan lebih dari 2 atau 3 menit setelah Anda mengambil benda asing sendiri tanpa pertolongan medis.
  • Objek asing terjebak pada kedua nostril (pintu masuk yang akan membawa udara masuk lebih dalam ke rongga hidung).
  • Kesulitan mengambil benda asing yang sudah masuk ke dalam hidung.
  • Infeksi.

Segera mungkin bawalah ke dokter THT untuk dilakukan tindakan yang tepat. 

Dokter THT biasanya akan memeriksa organ hidung. Tak menutup kemungkinan dokter akan melakukan sinar-X dan nasoendoskopi apabila benda asing susah terlihat.

Itulah dampak buruk jika kemasukan benda asing di hidung. Mulai sekarang jaga diri Anda, awasi anak, atau orang terkasih supaya tak lagi mengalami hal yang sama. 

Kalau sampai mengalaminya kembali, segera ke dokter THT atau unit gawat darurat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Dapatkan informasi kesehatan lainnya di aplikasi KlikDokter. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter via layanan Live Chat 24 jam.

[RS]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.