Situs Netizen No.1 di Indonesia
Berita  

Dari Coldplay Sampai Billie Eilish Tandatangani Petisi Kalahkan Kemiskinan dan Perubahan Iklim


Coldplay. Dok. Instagram
Coldplay. Dok. Instagram

NEW YORK — Beberapa penyanyi dan artis papan atas ikut berpartisipasi dalam perubahan kehidupan yang berpengaruh secara global dalam acara Global Citizen NOW. Global Citizen merupakan sebuah komunitas yang mewadahi warga di seluruh dunia yang memiliki kesadaran untuk turut serta terlibat merubah keadaan dunia.

Komunitas ini memiliki fokus masalah perubahan iklim, kemiskinan, dan ketidaksetaraan. Dilansir dari laman NME, acara Global Citizen NOW diselenggarakan pada tanggal 22 Mei lalu di Kota New York dan beberapa artis yang menghadiri diantaranya Coldplay, Billie Eilish, Finneas, Charlie Puth, Shawn Mendes, Nile Rodgers, Adam Lambert, 5 Seconds Of Summer, Hugh Jackman, Ricky Martin, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mereka menandatangani surat terbuka yang mendesak para pemimpin dunia untuk segera bertindak menghentikan kemiskinan yang ekstrim dan perubahan iklim. Surat tersebut diajukan oleh Global Citizen saat acara inagurasi mereka “Pemikiran Kepemimpinan KTT” sebagai bagian dari acara kampain tahunan mereka ‘Akhiri Kemiskinan Ekstrim Sekarang-Masa Depan Tidak Dapat Menunggu’.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dalam surat tersebut, mereka memanggil para milyader, tokoh-tokoh industri, para pemimpin negara kaya yang termasuk dalam G7 dan G20, dan para influencer yang berpengaruh untuk lebih berkomitmen dalam berkontribusi dan menyumbang demi mengatasi kesulitan yang sedang dialami.

Selain itu, surat terbuka tersebut berfokus pada perbaikan untuk seluruh perempuan di seluruh dunia agar mendapatkan kesempatan yang lebih baik lagi, mengurangi kesenjangan sosial secara ekonomi, dan menghentikan krisis perubahan iklim. Hal ini perlu diperbaiki secara terus menerus agar mampu merubah secara nyata, bukan hanya untuk sementara.

Sejak terjadinya pandemi Covid-19, kemiskinan meningkat secara drastic. Menurut Global Citizen, ada lebih dari 100 juta orang jatuh pada lubang kemiskinan karena pandemi, menghilangkan progress selama 6 tahun untuk membantu mengurangi angka kemiskinan.

“Orang yang sangat kesusahan akan terus kesulitan. Mereka kesulitan mendapatkan makanam, fasilitas kesehatan, dan pendidikan,” tulis pernyataan dalam surat tersebut.

Sudah banyak artis yang berpartisipasi dalam isu ini dengan menjadi bagian dari Global Citizen. Coldplay khususnya merupakan pendukung dari Global Citizen sejak 2015. Mereka sudah terlibat dengan acara kemanusiaan pada tahun 2015, 2017 dan 2018.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.