Situs Netizen No.1 di Indonesia

Catat! Ini Doa Terhindar dari Virus Cacar Monyet

BincangSyariah.Com– Virus cacar monyet tengah ramai dibicarakan di Indonesia. Bahkan, banyak orang tua yang khawatir anaknya terkena virus cacar monyet ini. Pasalnya, trauma yang mendalam terkait pandemi Covid-19 hingga kini belum usai dan hilang.

Kendati demikian, ketika sedang menghadapi musibah wabah atau virus yang berbahaya, seorang muslim dianjurkan untuk berdoa. Anjuran untuk berdoa ketika terjadi wabah datang dari ulama besar Ibnu Hajar As-Qallani. Penjelasan itu dapat dilihat dalam dalam Kitab Fathul Bari bi Syarh Shahih Al-Bukhari, ia berkata:

أُمِروا باستدفاعِ البلاء بالذِّكر والدُّعاء والصَّلاة والصَّدقة

Artinya: Kalian dianjurkan untuk menghilangkan wabah dengan zikir, doa, shalat , dan bersedekah.

Untuk itu, berikut doa agar terhindar dari virus cacar monyet, yang bisa kita baca pada saat selesai shalat atau bisa diamalkan sehari-hari. Kita berharap berkat doa ini, semoga Allah segera mengangkat wabah yang mematikan ini.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ جَهْدِ البَلاَءِ، وَدَرْكِ الشَقَاءِ، وَسُوءِ القَضَاءِ، وَشَمَاتَةَ الأَعْدَاء. اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ زَوَالِ نِعْمَتِكَ، وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ، وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ، وَجَمِيِعِ سَخَطِكَ.

Allohumma a’uzubika min jahdi bala, wa darki asy- syaqa, wa syu il qadha, wa samamatal aa’da. Allohumma inni a’uzubika min zawali ni’matika, wa tahawwala a’fika , wa fajaati ni’matika, wa jamii sahotika

Artinya: Ya Allah aku berlindung dari malapetaka musibah, dan turunnya kesengsaraan yang terus menerus, dan buruknya Qadha, dan senangnya musuh (sebab kalian terkena musibah).

Sebagai alternatif lain, kita juga bisa mengamalkan doa berikut, agar juga terhindar dari virus cacar monyet:

اَللَّهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا الْغَلاَءَ وَالْبَلاَءَ وَالْوَباَءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Allohumma idfa’ an’nal ghola wal waba wal fahsya wal munkar was suyufa al mukhtalifa was syadaida wal mihan ma zaharo minha wa ma bathana min baladina haza khossoh wa min buldanil muslimina a’mmah, innaka al’la kulli syai in qodir.

Artinya: Ya Allah, Ya Tuhan ku, hindarkanlah kami dari  sempitnya ekonomi,  jauhkan kami dari bala, penyakit, kekejian, kemunkaran, peperangan, kesulitan dan segala mala petaka baik yang tampak  begitu juga  tersebunyi.

Dari negara kami  khususnya, serta dari negeri kaum muslim pada umumnya. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuuatu.

Pada sisi lain, terdapat juga doa dari Syekh Shalih bin Fauzan al-Fauzan, yang bisa diamalkan agar terhindar dari wabah cacar monyet ini. Inilah bunyi tersebut :

اللهم ارفع ما انزلت من هذا الوباء. واحل محله الفرج واليسر ولخير والعافية للمسلمين خصوصا وللعالمين عموما فانك قادر على ذلك

Allohuma irpa’ ma anzalta min haza al waba, wa ahilla mahallahu al faroja wal yusro wal khair wal a’fiyah, lil muslimina khususon wa lil a’lamina umuman, fa innaka qadirun ala dzalika.  

Artinya: Ya Allah angkatlah wabah yang telah Engkau turunkan. Berikankanlah kelapangan, kemudahan, kebaikan, dan keselamatan sebagai penggantinya, untuk bisa dirasakan kaum muslimin pada khususnya , dan seluruh umat manusia secara umum. Sesungguhnya engkau Maha Kuasa untuk melakukan itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.