Situs Netizen No.1 di Indonesia

Cara Tepat Menghadapi Anak Batita yang Selalu Berkata “Tidak”

Anak akan selalu meniru perilaku orangtua. Jadi, jika anak sering melihat Anda membentak orang lain, tentu saja ia akan melakukan hal yang sama. 

Karena itu, Anda sebagai orangtua wajib bisa mengendalikan sikap dan memberikan contoh perilaku yang baik kepada anak. Sekesal apa pun dengan situasi yang dihadapi, tetaplah ingat untuk selalu menjaga wibawa dan otoritas. 

Meski begitu, jangan pernah malu untuk meminta maaf kepada anak jika Anda sempat berkata-kata atau berperilaku yang tidak semestinya. 

Artikel lainnya: Cara Mengatasi Anak yang Selalu Merasa Rendah Diri

Sekarang Anda sudah tak bingung lagi dalam menangani anak suka membantah, bukan? Tetap ingat untuk mengendalikan emosi, karena fase anak suka bilang “tidak” akan “sembuh” dengan sendirinya.

Usia “sembuh” anak-anak dari tahapan tersebut berbeda-beda. Hal ini salah satunya ditentukan oleh kemampuan mereka berbicara dan jumlah kosakata yang mereka miliki. 

Semakin banyak kosakata yang mereka bisa sebutkan, semakin cepat mereka akan berhenti untuk selalu berkata “tidak”. 

Anak sering berkata “tidak” biasa dimulai saat usia 2 tahun, saat ia sudah mulai memiliki kehendaknya sendiri namun belum bisa menyatakannya dengan baik. 

Biasanya periode itu berakhir di usia 3-4 tahun, ketika anak sudah mampu menyampaikannya keinginannya dengan lebih jelas.

Apabila Anda menemukan kendala dalam menangani anak suka membantah, jangan sungkan untuk konsultasi dokter anak atau psikolog lewat Live Chat di aplikasi KlikDokter!

(FR/JKT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.