Situs Netizen No.1 di Indonesia
Berita  

Boleh Dilepas, 90 Persen Warga Mengaku Masih Ingin Pakai Masker

Jakarta, CNN Indonesia

Presiden Joko Widodo mengizinkan masyarakat melepas masker ketika berada di luar ruangan seiring dengan angka kasus Covid-19 yang kian melandai.

Namun, Anda tetap harus mengenakan masker saat berada di dalam ruangan dan transportasi umum.

Bagaimana masyarakat merespons hal tersebut? Apakah mereka setuju dengan kebijakan diperbolehkannya melepas masker di luar ruangan?


Ternyata, 90 persen masyarakat justru masih ingin menggunakan masker. Hal ini merujuk pada data yang diunggah di akun Instagram resmi Continuum.

“Sekalipun pemerintah sudah memberlakukan pelonggaran pakai masker di ruang terbuka, ternyata lebih dari 90% warganet memilih untuk tetap pakai masker,” tulis Continuum dalam sebuah unggahan Instagram, Rabu (25/5).

Banyak yang terlanjur nyaman dan memilih tetap memakai masker. Sementara itu sebanyak 0,9 persen orang yang setuju melepas masker beranggapan bahwa mereka akhirnya bisa kembali bernapas dengan lega sekaligus meminimalisir limbah yang berasal dari penggunaan masker selama ini.

[Gambas:Instagram]

Alasan Masih Ingin Memakai Masker

Ada beberapa hal yang membuat orang masih ingin mengenakan masker, mulai dari rasa terlanjur nyaman hingga ingin menutup kekurangan di wajah. Berikut di antaranya.

1. Nyaman

Sebanyak 47,12 persen masyarakat tetap ingin menggunakan masker karena merasa nyaman dan sudah terbiasa.

2. Menutup wajah

Sebanyak 24,23 persen masyarakat setuju menggunakan masker karena rasa percaya diri. Mereka merasa masker bisa menutup kekurangan di wajah.

3. Kebiasaan

Ilustrasi lepas masker wajahIlustrasi. Tak semua orang mau melepas maskernya meski berada di luar ruangan. (iStock/gahsoon)

Sebanyak 14,17 persen masyarakat memilih tetap menggunakan masker dengan alasan kebiasaan.

4. Menutup aib

Sebanyak 9,45 persen masyarakat merasa jika masker yang selama ini digunakan harus dibuka akan terasa seperti membuka aib atau aurat sendiri.

Alasan Orang Mau Membuka Masker

Meski jumlahnya tak banyak, namun beberapa orang tetap setuju untuk mulai melepaskan maskernya. Beberapa alasan turut mendorongnya, mulai dari mengurangi limbah masker hingga ingin memperlihatkan hasil riasan wajah.

1. Limbah

Sebanyak 48,38 persen masyarakat yakin masker bisa menghasilkan limbah yang banyak. Oleh karena itu, izin lepas masker di luar ruangan ini bisa meminimalisir limbah-limbah yang berasal dari masker.

2. Bebas bernapas

Sebanyak 40,15 persen orang merasa nyaman saat tidak menggunakan masker. Mereka yakin masker bisa membuat bernapas lebih enak.

3. Makeup

Sebanyak 4,09 persen orang merasa melepas masker sama saja dengan izin berdandan dengan bebas karena mereka tidak perlu menutupi wajah dan menyia-nyiakan makeup yang sudah dipakai.

4. Daun telinga tidak sakit

Sebanyak 3,56 persen masyarakat merasa penggunaan masker menyebabkan area bagian daun telinga terasa sakit.

(tst/asr)

[Gambas:Video CNN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.