Situs Netizen No.1 di Indonesia

Benarkah Penderita Sakit Ginjal Tidak Boleh Makan Pisang?

Bagi penderita penyakit ginjal, nutrisi dan diet yang baik merupakan hal penting untuk mendukung fungsi ginjal. Jika mengonsumsi makanan sembarangan dan minim kandungan gizi, hal ini bisa membahayakan kesehatan. Lalu bagaimana dengan makan pisang yang disebut-sebut berbahaya bagi orang yang sakit ginjal?

Pisang merupakan buah kesukaan banyak orang. Selain rasanya yang enak, harganya juga terjangkau dan mudah didapat. Kandungan gizinya juga bagus, yaitu kaya serat, rendah lemak, juga sumber vitamin dan mineral esensial yang menyehatkan tubuh.

Seperti diketahui, pisang juga merupakan buah yang kaya akan potasium, mineral penting bagi kesehatan tubuh. Sementara itu, ginjal adalah organ utama yang berfungsi mengatur kadar potasium dalam darah. 

Aritkel Lainnya: Deretan Makanan dan Minuman Pemicu Batu Ginjal

Hal tersebut membuat makan pisang bagi penderita penyakiy ginjal dipertanyakan baik atau tidaknya. Ini karena memiliki tingkat potasium tinggi atau terlalu rendah sama-sama menyimpan bahaya bagi tubuh. Untuk tahu lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini. 

Bahaya Pisang untuk Ginjal

Ginjal adalah sepasang organ penting berbentuk seperti kacang merah yang memiliki banyak fungsi penting untuk tubuh. Kedua ginjal bertugas menyaring darah, membuang limbah melalui urine, memproduksi hormon, menyeimbangkan mineral, dan menjaga keseimbangan cairan.

Ketika seseorang menderita sakit ginjal, organ tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik. Hal ini bisa menyebabkan cairan menumpuk di dalam tubuh dan limbah menumpuk di dalam darah.

Salah satu limbah yang dapat menumpuk di dalam darah penderita penyakit ginjal adalah potasium. Oleh sebab itu, beberapa pasien dengan kerusakan ginjal memiliki kadar potasium yang cenderung tinggi dalam darah.

Aritkel Lainnya: Minuman yang Harus Dihindari Penderita Gagal Ginjal

Potasium atau kalium adalah mineral yang membantu otak, saraf, otot, dan jantung Anda bekerja dengan baik. Mineral ini ditemukan dalam pisang dan kandungannya pun cukup tinggi, yaitu sekitar 422 mg pada pisang yang berukuran sedang.

Pisang untuk penderita ginjal bisa berbahaya jika orang tersebut memiliki kadar kalium yang tinggi dalam di darahnya. Karena akan sulit bagi ginjal untuk mengontrol jumlah kalium di dalam darah dan menyebabkan kondisi hiperkalemia.

Hiperkalemia adalah kondisi medis ketika kalium terlalu banyak di dalam darah. Gejalanya berupa jantung berdebar, nyeri dada, sesak napas, mual, atau muntah. Kondisi ini berbahaya dan dapat menyebabkan masalah jantung yang serius.

Aritkel Lainnya: Menu Sehat untuk Penderita Batu Ginjal

Oleh karena itu, makanan tinggi potasium atau kalium sebaiknya dihindari bagi orang yang sakit ginjal yang kadar kaliumnya sudah tinggi dalam darah.

Pisang Tetap Bermanfaat untuk Penderita Ginjal

Meski menyimpan dampak berbahaya, tidak semua orang yang menderita sakit ginjal dilarang makan pisang. Kondisi tubuh setiap penderita ginjal pasti berbeda-beda. Ada yang tinggi kadar kalium dan ada juga yang rendah kadar kaliumnya. Jadi, penderita yang kadar kaliumnya rendah tetap bisa makan pisang sesuai kebutuhan.

Pisang juga mengandung sodium yang baik untuk penderita ginjal. Sodium dapat mengurangi risiko berkembangnya pembengkakan pada ginjal, mencegah tekanan darah tinggi dan kerusakan pembuluh darah.

Selain itu, pisang dapat membantu menghasilkan hormon yang menguntungkan yaitu serotonin. Hormon ini membantu merangsang sistem saraf. Beberapa penderita penyakit ginjal bisa terserang kelelahan, dan pisang dipercaya dapat membantu meringankan gejala tersebut.

Aritkel Lainnya: Catat, Deretan Makanan Ini Baik untuk Penderita Ginjal

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga potasium pada tingkat yang aman:

  • Bicarakan dengan ahli diet tentang kondisi ginjal dan makanan apa yang harus dikonsumsi.
  • Batasi makanan yang tinggi potasium.
  • Batasi susu dan semua produk olahannya.
  • Bacalah label pada makanan kemasan untuk mengetahui apakah terdapat kandungan potasium yang berlebihan.
  • Perhatikan ukuran porsi makan Anda sehari-hari.

Jadi, apakah pisang buruk bagi orang yang menderita sakit ginjal? Jawabannya adalah belum pasti. Boleh atau tidak makan pisang, tergantung kondisi kesehatan Anda. 

Sebelum mengonsumsi pisang, Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda. Jangan sampai kekeliruan dalam mengonsumsi makanan membahayakan kesehatan Anda.

(PUT/NM)

Referensi: 

Medical News Today. Diakses 2022. What foods are bad for kidneys?

Healthline. Diakses 2022. 17 Foods to Avoid or Limit If You Have Bad Kidneys. 

National Kidney Foundation. Diakses 2022. What is Hyperkalemia?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.