Situs Netizen No.1 di Indonesia

BEI Bakal Luncurkan Produk Investasi Waran Terstruktur, Apa Itu?

Suara.com – Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam waktu dekat akan bersiap merilis produk investasi terbarunya, yaitu Structured Warrant atau Waran Terstruktur.

BEI menyatakan, produk investasi baru tersebut merupakan pilihan investasi yang aman dan terjamin bagi investor pasar modal.

Lantas apa yang dimaksud dengan investasi Waran Terstruktur tersebut?

Direktur BEI Hasan Fawzi menerangkan bahwa produk Waran Terstruktur merupakan produk baru yang akan dikeluarkan oleh Bursa memiliki banyak sekali manfaat untuk investor.

Baca Juga: Inarno Djajadi Jadi Anggota Dewan Komisioner OJK, Hasan Fawzi Ditunjuk Jadi Pelaksana Tugas Dirut BEI

“Waran Terstruktur merupakan investasi yang efisien, dapat dimanfaatkan oleh segala kondisi market dan merupakan investasi yang aman karena dijamin oleh KPEI,” kata Hasan Fawzi kepada wartawan, Rabu (25/5/2022).

Hasan menjelaskan, sebagaimana diatur dalam Peraturan Nomor I-P tentang Pencatatan Waran Terstruktur di Bursa, kriteria saham yang dapat dijadikan underlying produk Waran Terstruktur merupakan saham konstituen indeks IDX30 yang memiliki pemegang saham pengendali dan memenuhi kriteria untuk tetap tercatat di Bursa.

“Dengan menggunakan underlying saham konstituen Indeks IDX30, maka investor nantinya bisa memanfaatkan pergerakan harga saham-saham tersebut dengan modal yang relatif lebih murah jika dibandingkan membeli saham underlying-nya,” ungkapnya.

Di samping itu, untuk menjaga market governance, market integrity, dan perlindungan investor, Hasan mengatakan pihaknya telah menetapkan sejumlah manajemen risiko dalam perdagangan Waran Terstruktur.

Untuk industri dan transaksi Waran Terstruktur secara umum, Bursa menetapkan penjaminan untuk setiap transaksi Waran Terstruktur dan juga termasuk kewajiban bagi penerbit untuk memenuhi agunan yang ditetapkan oleh KPEI.

Baca Juga: Kembali Meroket, BEI Lagi-lagi Suspensi Saham BULL

“Anggota Bursa juga dapat melakukan risk management lain sesuai dengan risk strategy dari Penerbit Waran Terstruktur,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.