Situs Netizen No.1 di Indonesia

Atasi Hipertensi dengan Buah Naga

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi tekanan darah berada di atas nilai normal, yaitu lebih dari 140/90 mmHg. Tekanan yang tinggi tersebut membuat jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. 

Bila tidak terkontrol, hipertensi bisa menimbulkan berbagai komplikasi, seperti stroke, serangan jantung, kerusakan ginjal, dan masalah pembuluh darah lainnya.

Pengobatan hipertensi meliputi perubahan pola hidup dan konsumsi obat-obatan. Obat hipertensi pun harus atas anjuran dokter, baik dosis maupun aturan minumnya.

Selain konsumsi obat, penderita juga harus memperbanyak konsumsi buah, salah satunya buah naga. Yuk, kita simak manfaat buah naga untuk darah tinggi

Artikel lainnya: Manfaat Buah Naga sebagai Pencahar yang Ampuh 

Manfaat Buah Naga untuk Menurunkan Darah Tinggi

Inilah beberapa khasiat buah naga untuk menurunkan darah tinggi yang sayang Anda lewatkan: 

1. Tinggi Vitamin dan Mineral

Selain rasanya yang segar, buah naga kaya akan protein, karbohidrat, juga tinggi vitamin C, vitamin B1, dan riboflavin. Berbagai mineral seperti kalsium, besi, dan fosfor di dalam buah naga pun tidak kalah tinggi. 

Vitamin dan mineral penting untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya kesehatan jantung dan pembuluh darah. Maka itu, Anda bisa rutin makan buah naga untuk membantu menurunkan hipertensi.

2. Menjaga Kelenturan Pembuluh Darah

Kandungan vitamin C di dalam buah naga yang tinggi dapat menjaga pembuluh darah tetap sehat dan lentur. Manfaat ini akan mencegah tekanan darah tinggi. 

Bagi Anda yang sudah mengalami hipertensi, mengonsumsi buah naga dapat menjaga tekanan darah tetap stabil.

3. Mencegah Kerusakan Pembuluh Darah

Buah naga mengandung antioksidan yang tinggi, seperti fitoalbumin dan flavonoid. 

Antioksidan tersebut berfungsi untuk menangkal radikal bebas dari makanan atau udara yang tercemar polusi. Pasalnya, kedua hal tadi berpotensi merusak pembuluh darah.

4. Sumber Lemak Sehat

Buah naga mengandung asam lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh, terutama untuk kesehatan jantung. 

Makan buah naga dapat mencegah terjadinya sumbatan pembuluh darah akibat timbunan lemak (aterosklerosis) dan menjaga kadar kolesterol tetap normal.

5. Kaya Serat

Buah naga mengandung serat yang tinggi. Nutrisi ini sangat baik untuk pencernaan dan mencegah penderita hipertensi mengonsumsi makanan yang kurang sehat.

Artikel lainnya: Ini Dia Segudang Manfaat Buah Naga

Tips Konsumsi Buah Naga untuk Penderita Hipertensi

Tak perlu bingung, ikuti cara menikmati buah naga untuk menurunkan tekanan darah berikut ini:

  • Setelah dikupas kulitnya, buah naga tidak perlu dicuci terlebih dahulu
  • Sebaiknya buah naga langsung dimakan utuh. Bila ingin dibuat jus atau smoothies, hindari penambahan gula ataupun susu terlalu banyak
  • Biji buah naga mengandung antioksidan, sehingga baik untuk dikonsumsi juga bersama dengan buahnya
  • Selain mengonsumsi buah naga, Anda tentu harus menerapkan prinsip pola hidup sehat lainnya  

Penting juga untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin agar dapat mengetahui kondisi kesehatan tubuh lebih detail.

Buah naga memang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Namun, buah ini tidak dapat menggantikan pengobatan hipertensi yang lain. 

Penderita hipertensi tetap harus melakukan perubahan pola hidup dan konsumsi obat hipertensi rutin untuk menjaga tekanan darah tetap normal.

Kalau ingin tahu lebih lanjut seputar makanan yang baik untuk hipertensi, tanya dokter online saja! Info seputar hipertensi beserta pengobatannya juga lebih lengkap di aplikasi KlikDokter.

(FR/JKT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.