Situs Netizen No.1 di Indonesia
Berita  

Arab Saudi Duduki Posisi Baru Indeks Pengembangan Perjalanan dan Pariwisata WEF

IHRAM.CO.ID,RIYADH — Kerajaan Arab Saudi naik ke peringkat 33 dunia secara keseluruhan, dalam Indeks Pengembangan Perjalanan dan Pariwisata World Economic Forum (WEF) 2021. Hal tersebut dirilis Selasa (24/5/2022) di Davos.

Indeks independen tersebut membandingkan 117 negara pada 17 pilar penting untuk pengembangan dan ketahanan industri perjalanan dan pariwisata mereka.

Arab Saudi naik 10 peringkat dari posisi ke-43 pada 2019 menjadi peringkat ke-33 pada 2021. Kenaikan ini disebut sebagai hasil dari perbaikan di hampir semua indikator. Ini adalah laporan pertama yang dihasilkan sejak Arab Saudi membuka pariwisata internasional pada September 2019.

Pada 2019, Arab Saudi meluncurkan Strategi Pariwisata Nasional, untuk mendorong tujuan Visi 2030. Tujuan ini akan meningkatkan kontribusi sektor pariwisata hingga 10 persen dari PDB, menciptakan 1 juta lapangan kerja baru, serta menarik 100 juta penduduk lokal dan kunjungan internasional setiap tahun pada 2030.

Dilansir di Saudi Gazette, Kamis (26/5/2022), Indeks Pengembangan Perjalanan dan Pariwisata Forum Ekonomi Dunia adalah indikator utama perjalanan luar biasa Arab Saudi sebagai pemimpin pariwisata global.

Kepemimpinan, sumber daya dan ambisi Arab Saudi mendorong pertumbuhan monumental di sektor ini dan mewujudkan tujuan Visi 2030.

“Saya bangga dengan kemajuan yang telah dibuat Kerajaan melalui reformasi Visi 2030 kami seperti yang telah kami buka untuk dunia,” ujar Menteri Pariwisata Arab Saudi Ahmed Al Khatieb.

Ia menyebut keberhasilan mereka ditunjukkan oleh investasi kuat di sektor pariwisata, mulai dari menciptakan peluang kerja bagi warga negara hingga bekerja dengan mitra global yang berinvestasi dalam transformasi mereka.

“Peringkat kami adalah bukti, sejak 2019 terlepas dari pandemi global, Arab Saudi telah menunjukkan kepemimpinan global yang luar biasa sebagai tujuan wisata baru,” lanjut dia.

Pihaknya juga disebut telah mempermudah langkah untuk berinvestasi dan menciptakan bisnis pariwisata di Kerajaan. Saudi mencatat rekor untuk kunjungan domestik pada 2021. Selain itu, perusahaan global terkemuka mengakui komitmen mereka dan bergabung dengannya.

Indeks Pengembangan Perjalanan & Pariwisata WEF yang baru mengukur serangkaian faktor yang memungkinkan pengembangan sektor Perjalanan dan Pariwisata yang berkelanjutan dan tangguh, yang pada gilirannya berkontribusi pada pembangunan nasional.

Indeks edisi 2021 menyoroti kebutuhan vital untuk berinvestasi dalam pariwisata, dampak Covid-19, serta bagaimana pemangku kepentingan sektor dapat memanfaatkan strategi pembangunan guna membangun kembali dengan lebih baik.

Di tengah tantangan saat ini, permintaan yang berubah dan risiko di masa depan, maka sektor yang lebih inklusif, berkelanjutan dan tangguh disebut harus diciptakan.

Skor Arab Saudi yang lebih tinggi ini dicapai dengan peningkatan di 12 dari 17 KPI. Beberapa sorotan yakni peningkatan dari peringkat 27 menjadi 10 untuk lingkungan bisnis, peningkatan dari peringkat 47 menjadi 40 untuk layanan pariwisata, serta peringkat dunia terbaik untuk mengelola tekanan dan dampak permintaan.

Laporan WEF memberi Arab Saudi peringkat 10 secara keseluruhan untuk lingkungan bisnis, serta 14 secara keseluruhan untuk sumber daya manusia.

Peningkatan signifikan dalam peringkat Saudi ini tidak hanya mencerminkan investasi yang cukup besar dalam pariwisata, tetapi juga kepemimpinan global dalam memastikan sektor ini di masa depan.

Berfokus pada pembangunan berkelanjutan dan tangguh, saat ini Kerajaan Saudi berupaya menyatukan pemain kunci di sektor ini, untuk membangun masa depan pariwisata yang lebih baik untuk semua.  

Sumber:

https://saudigazette.com.sa/article/620976/SAUDI-ARABIA/Saudi-Arabia-jumps-10-places-in-WEFs-Travel-and-Tourism-Development-Index

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.