Situs Netizen No.1 di Indonesia

11 Pola makan Ashanty, bikin bugar dan bantu jaga bentuk tubuh ideal

11 Pola makan Ashanty, bikin bugar dan bantu jaga bentuk tubuh ideal

foto: Instagram/@ashanty_ash

Brilio.net – Ashanty selalu jadi panutan bagi para penggemarnya, terutama soal menjaga penampilan. Istri Anang Hermansyah ini selalu tampil memukau dengan paras cantik dan tubuh langsingnya. Nggak salah, kalau ia tampak cocok mengenakan berbagai model busana.

Bentuk tubuh idealnya tersebut didapat Ashanty berkat menjaga pola hidup sehat. Sebagai publik figur, ia pun berusaha konsisten menerapkan hal tersebut. Tak hanya untuk penampilannya, namun juga kesehatan tubuh dan pikiran pun ikut terjaga.

Healthy body, healthy life, healthy mind,” tulisnya di Instagram/@ashanty_ash.

Ashanty diketahui gemar olahraga sederhana yang bisa dilakukannya di rumah, seperti yoga atau lari di treadmill. Di sisi lain, asupan nutrisi kesehariannya juga tak boleh sembarangan, lho. Apalagi, Ashanty punya riwayat penyakit autoimun yang bikin ia jauh lebih selektif soal makanan.

Untuk menjaga kualitas makanan yang ia konsumsi, pelantun lagu Andai Aku Bisa ini juga lebih sering memasak sendiri di rumah. Dengan begitu, ia bisa mengatur sendiri bahan yang digunakan.


Lantas, bagaimana sih pola makan sehari-hari ibunda Arsy Hermansyah ini? Berikut 11 pola makan Ashanty yang bikin bugar dan bantu jaga bentuk tubuh ideal, dirangkum BrilioFood dari berbagai sumber, Rabu (25/5).

1. Mengonsumsi sayuran mentah.

Pola makan Ashanty berbagai sumber

foto: Instagram/@ashanty_ash

Tak harus selalu dimasak, Ashanty pun sesekali mengonsumsi sayuran mentah yang diolah jadi salad atau pencok khas Sunda. Dilansir dari besthealthmag.ca, sayuran mentah dapat memberi lebih banyak serat buat tubuh. Manfaatnya dapat menyehatkan pencernaan, menurunkan kolesterol, menjaga kadar gula darah stabil, dan menekan nafsu makan buat diet.

Aku mau buat makanan sayur sehat nii hehe karena mentah semua. Dan kl aku sii suka yaaa,” tulis Ashanty di Instagram/@ashanty_ash.

2. Mengonsumsi telur ayam omega-3.

Pola makan Ashanty berbagai sumber

foto: Unsplash/Rebekah Howell

Ashanty senang mengonsumsi telur, mulai dari telur rebus, dadar, orak-arik, dan lain sebagainya. Telur yang ia gunakan pun sebisa mungkin lebih berkualitas, seperti telur omega-3. Dilansir dari healthline.com, telur tinggi omega-3 baik buat mencegah penyakit jantung. Bahkan, telur ini juga bisa jaga berat badan tetap stabil, lho.

3. Mengganti nasi putih dengan nasi merah.

Pola makan Ashanty berbagai sumber

foto: Unsplash/ukasz Rawa

Buat makan nasi sehari-hari, Ashanty mengurangi konsumsi nasi putih. Ia pilih lebih banyak makan nasi merah karena lebih sehat dan bermanfaat buat jaga berat badan stabil. Dilansir dari healthshots.com, hal ini dikarenakan nasi merah tinggi serat, vitamin B1 dan B2, kalsium, serta zat besi dibanding nasi putih.

Nasi merah, pas kukus aku masukin 1sdm olive oil biar pulen,” tulisnya di Instagram Stories/@ashanty_ash.

4. Lebih sering mengonsumsi lauk direbus atau dikukus.

Pola makan Ashanty berbagai sumber

foto: Unsplash/Jade Wulfraat

Untuk lauknya, Ashanty memilih berbagai lauk rebus maupun kukus. Dilansir dari thehealthsite.com, memperbanyak konsumsi aneka makanan rebus dan kukus membantu kurangi asupan lemak dan kalori jahat buat tubuh. Sehingga, manfaatnya bukan hanya biar tubuh langsing, tetapi juga menjaga kesehatan jantung dan organ tubuh lainnya.

5. Berhenti makan di atas jam 7 malam.

Pola makan Ashanty berbagai sumber

foto: Unsplash/Szcs Lszl

Ashanty juga tak diet secara berlebihan lantaran ia masih tetap bisa makan sepuasnya setiap hari. Dengan catatan, ia akan berhenti makan di atas jam 7 malam. Dilansir dari nypost.com, di malam hari tubuh memang secara alami mengurangi proses pembakaran lemak. Jika makan secara berlebih di malam hari, bisa menyebabkan penumpukan kalori dan lemak pada tubuh, lho.

“Pas siang tuh bebas deh boleh makan apa aja. Tapi kalau udah jam 7 malam teng, udah stop makan,” jelasnya dilansir dari YouTube/The Hermansyah A6.

6. Mengonsumsi tahu dan tempe.

Pola makan Ashanty berbagai sumber

foto: Instagram/@ashanty_ash

Tahu dan tempe sering jadi lauk pendamping nasi merah Ashanty sehari-hari. Biasanya, ia mengonsumsi tahu dan tempe kukus maupun rebus. Dilansir dari weightwatchers.com, tahu dan tempe rendah kalori dan tinggi nutrisi, baik kalsium, protein, dan mangan. Dengan mengonsumsinya saat diet, bisa menjaga nafsu makan biar tak berlebih.

7. Masak pakai olive oil.

Pola makan Ashanty berbagai sumber

foto: Instagram/@ashanty_ash

Senang masak, Ashanty selalu menggunakan olive oil biar lebih sehat. Dilansir dari drozshow.com, olive oil mengandung lemak baik, antioksidan, dan manfaat lainnya untuk mencegah risiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Walaupun sudah pakai minyak sehat, Ashanty pun tetap mengurangi pemakaian agar secukupnya saja.

8. Menghindari bumbu penyedap ber-MSG.

Pola makan Ashanty berbagai sumber

foto: Instagram/@ashanty_ash

Ashanty juga sangat menghindari pakai bumbu penyedap, apalagi yang mengandung MSG. Ia sebisa mungkin hanya pakai bumbu rempah alami seperti lengkuas, bawang putih, bawang merah, bawang bombay, lada, dan lain-lain. Dilansir dari clinmedjournals.org, bumbu MSG ini berisiko menurunkan metabolisme tubuh, lho. Selain itu, juga bisa menyebabkan sakit kepala, tekanan darah, dan gangguan kesehatan lainnya.

9. Menghindari konsumsi obat pelangsing sembarangan.

Pola makan Ashanty berbagai sumber

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiya

Ashanty mengaku ia pernah tergiur konsumsi aneka obat-obatan pelangsing. Tetapi kini ia sudah sadar kalau sembarangan memilih obat pelangsing bisa berbahaya buat kesehatan. Dilansir dari webmd.com, penting untuk memilih obat atau suplemen pelangsing yang benar-benar aman. Pasalnya, obat dengan klaim mengandung bahan alami saja biasanya nggak 100 persen alami, lho.

Mungkin sakitnya aku sekarang itu itu salah satunya karena puluhan taun minum obat-obatan ngga jelas itu. Saking dulu SMP gemuk dan dibully jadi semua cara aku lakuin,” tulisnya di Instagram/@ashanty_ash.

10. Selektif soal camilan.

Pola makan Ashanty berbagai sumber

foto: Unsplash/Maksim Shutov

Ashanty pun masih senang ngemil, lho. Namun tubuhnya masih tetap langsing, kan? Hal ini disebabkan ia sangat selektif soal camilan. Ashanty memilih jenis camilan yang sehat dan rendah kalori. Bahkan, tak jarang ia memasak sendiri camilannya di rumah, lho. Dilansir dari healthline.com, tetap ngemil setiap hari terbukti nggak bikin berat badan mudah naik asalkan jenis camilannya sehat.

11. Mengurangi konsumsi minuman manis.

Pola makan Ashanty berbagai sumber

foto: Unsplash/Yosef Futsum

Minuman manis dengan tambahan gula juga sebisa mungkin dihindari oleh Ashanty. Kalau sedang ingin minuman manis, ia lebih memilih jus maupun jeruk peras. Dilansir dari ororecovery.com, mengurangi konsumsi gula ampuh mencegah lonjakan berat badan. Di sisi lain, jantung, liver, dan sel-sel tubuh juga otomatis jadi lebih sehat.

(brl/mal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.